STQH ke-IV Mubar Resmi Dibuka, Pj Bupati Mubar Sebut Ajang Menggali Potensi dan Cinta terhadap Al Qur’an

oleh -14 membaca
oleh

Chaneltimur.Com, Mubar – Penjabat (Pj) Bupati Mubar, Bahri resmi membuka Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hafalan Hadits (STQH) ke-IV tingkat Kabupaten Muna Barat (Mubar), yang dilaksanakan di lapangan sepak bola desa Guali, Rabu (17/5/2023).

Pembukaan STQH ke-IV ini, diawali oleh tarian kolosal yang ditampilkan siswa-siswa SMA, Aliyah, SMP dan MTS se-Kecamatan Kusambi. Serta, dikuti oleh pawai ta’aruf dari OPD, Kecamatan, KNPI Mubar dan organisasi keagamaan lainnya.

Pj Bupati Mubar, Bahri mengatakan dengan dilaksanakannya STQH ke IV tingkat kabupaten Mubar diharapkan dapat menjadi ajang menggali potensi, minat dan bakat menuju generasi cinta Al Qur’an yang unggul, cerdas dan berprestasi. Selain itu, pemahaman dan pengalaman nilai-nilai Al Qur’an, untuk meningkatkan kerukunan umat beragama menuju masyarakat yang maju, mandiri dan berdaya saing.

“Saya berharap dengan STQH ke-IV ini, kita memantapkan diri untuk menggali potensi, minat dan bakat menuju generasi cinta al qur’an, serta pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Al Qur’an. Selain itu, dapat melahirkan Qori dan Qoriah, Hafiz dan Hafizah untuk mewakili Mubar di STQH tingkat provinsi nanti,” kata Pj Bupati Mubar, Bahri.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah, Kemendagri ini menjelaskan bahwa daerah Mubar adalah daerah yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat muslim yang ada di Mubar untuk berpijak pada Al Qur’an dan Hadits untuk memperbaiki kualitas pribadi menuju sumber daya insani yang tangguh, tanggap dan berakhlakul karimah.

“Jadi, STQH ini tidak hanya sekedar peneguhan syiar Islam saja, tetapi dapat menjadi barometer untuk mengukur output masyarakat akan kecintaannya membaca al-qur’an. Sebab, al-qur’an dapat memberikan pencerahan bagi siapa saja yang membacanya serta dapat memberikan keteduhan batin bagi yang mengamalkannya,” ungkapnya.

Untuk itu, jebolan IPDN 07 ini menambahkan mewakili Pemkab Mubar, pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan STQH ke IV tingkat kabupaten ini. Dan berharap seluruh peserta memberikan penampilan yang terbaik.

Sementara itu, Ketua Panitia STQH ke IV tingkat kabupaten yang juga sebagai Asisten I Setda Mubar, Ibrahim Rasimu mengatakan pelaksanaan STQH dilaksanakan selama empat hari yakni mulai tanggal 17 hingga 21 Mei 2023. Pembukaan STQH ini dirangkaikan dengan pawai ta’aruf yang diikuti oleh khafilah di 11 kecamatan, seluruh OPD, KNPI Mubar dan organisasi keagamaan lainnya.

“Untuk jumlah peserta yang mengikuti STQH ini berjumlah 165 orang yang tersebar di 11 Kecamatan. Untuk, cabang yang diperlombakan yakni tilawat, hafalan juz, tafsir, hafalan hadist, cerdas cermat qur’an, seni kaligrafi qur’an, syarh qur’an, karya tulis ilmiah al-qur’an (KTIQ), dan laski,” jelasnya.

Mantan Kalak BPBD Mubar ini berharap, dengan STQH ini dapat melahirkan Qori dan Qoriah terbaik. Tentunya, siapapun yang menjadi juara pada STQH ini akan mewakili Mubar pada ajang STQH tingkat provinsi Sultra yang akan dihelat pada awal bulan Juli 2023 mendatang di Kabupaten Bombana.
(Kahar)