Edukasi Kamseltibcar Lantas Polres Luwu Utara Dalam Berlalu Lintas

oleh -9 membaca
oleh

Luwu Utara, Chaneltimur.com РUnit Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Luwu Utara melalui Unit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi terkait keselamatan berlalu lintas di Jalan Nasional, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara. Kegiatan ini dilaksanakan pada  Jumat, 24 Mei 2024, mulai pukul 07.30 hingga 08.30 WITA dan dipimpin oleh Ps. Kanit Kamsel, AIPTU Made Sunaya.


Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas, Unit Kamsel Sat Lantas Polres Luwu Utara mengedepankan pendekatan 3S, yaitu Senyum, Sapa, dan Salam. Pendekatan ini bertujuan menciptakan suasana yang ramah antara petugas dan masyarakat agar pesan-pesan keselamatan dapat diterima dengan baik.

Sasaran utama kegiatan ini adalah masyarakat pengguna jalan yang tidak terorganisir dan potensial melanggar aturan lalu lintas yang dapat menyebabkan kecelakaan. Sosialisasi ini bertujuan mengedukasi masyarakat agar lebih patuh terhadap aturan lalu lintas, seperti penggunaan helm bagi pengendara sepeda motor, sabuk pengaman bagi pengemudi mobil, serta kepatuhan terhadap rambu-rambu lalu lintas.

AIPTU Made Sunaya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin Sat Lantas Polres Luwu Utara untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di wilayah tersebut. Tujuan utamanya adalah agar masyarakat lebih memahami pentingnya keselamatan berlalu lintas dan mengurangi pelanggaran serta kecelakaan di jalan raya.

Selama kegiatan, petugas tidak hanya memberikan edukasi lisan tetapi juga membagikan brosur mengenai aturan lalu lintas dan tips keselamatan berkendara. Masyarakat juga diberikan kesempatan untuk berdialog langsung dengan petugas dan menyampaikan pertanyaan seputar lalu lintas.

Kapolres Luwu Utara, AKBP Muh Husni Ramli, S.I.K., MH., M.Tr.Opsla., mendukung kegiatan ini dan menekankan partisipasi aktif masyarakat dalam menciptakan budaya tertib berlalu lintas. Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan edukasi, diharapkan kesadaran kolektif akan aturan lalu lintas dapat terwujud demi keselamatan bersama.

Respon masyarakat terhadap kegiatan ini positif. Banyak pengguna jalan menyambut baik kegiatan ini dan berharap sosialisasi semacam ini dapat dilakukan secara rutin. Mereka menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan meningkatkan kesadaran akan keselamatan berlalu lintas.

Kegiatan ini diharapkan menjadi contoh bagi wilayah lain dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas serta menciptakan budaya tertib berlalu lintas. Polres Luwu Utara berkomitmen untuk terus melakukan upaya preventif dalam menjaga keamanan dan keselamatan berlalu lintas di wilayahnya, demi terciptanya kondisi lalu lintas yang tertib, aman, dan lancar.(Mikson)