Upaya Kapolres Luwu Utara Bergerak Cepat Menangani Bencana Longsor di Jalan Poros Rongkong – Seko

oleh -28 membaca
oleh

Luwu Utara, Chaneltimur.com – Selasa, 23 April 2024, pukul 20.30 WITA, menjadi momen krusial bagi Polres Luwu Utara dalam menangani bencana longsor yang melanda jalan poros kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara.

Di bawah kepemimpinan Kasat Lantas Polres Luwu Utara, AKP A.M. Yusuf, S.H, dan dibantu oleh KBO Lantas IPDA Iqbal Wirawan, S.Sos, serta tim dari satuan lalu lintas, mereka turut bergerak cepat dalam menanggulangi situasi darurat tersebut.

Kejadian longsor tersebut terjadi di beberapa titik, yakni Desa Minanga, Desa Rinding Allo, Desa Komba, dan Desa Limbong yang semuanya berada di Kecamatan Rongkong. Begitu menerima laporan tentang kejadian tersebut, tim dari Polres Luwu Utara segera bertindak, menyadari urgensi untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat serta menghindari terjadinya kemacetan dan kecelakaan lebih lanjut.

Langkah pertama yang diambil adalah pengaturan lalu lintas. Dengan kondisi jalan yang terhambat akibat longsor, perlu adanya pengalihan arus lalu lintas agar kendaraan tetap dapat melintas dengan aman. Selain itu, tim juga melakukan koordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk memperoleh informasi yang lebih akurat mengenai kondisi terkini di lokasi longsor serta memperoleh dukungan dalam proses penanganan bencana.

Tidak hanya itu, tim juga terlibat dalam proses evakuasi, Mereka membantu mengamankan area sekitar longsor dan memberikan bantuan dalam membersihkan material longsor yang menghalangi jalan, sehingga jalan dapat kembali dilalui oleh kendaraan. Selain itu, sebagai langkah preventif, mereka juga melakukan pemasangan garis polisi (police line) di sekitar area longsor untuk menghindari orang yang tidak berkepentingan mendekati area berbahaya tersebut.

Meskipun upaya penanganan bencana sedang berlangsung, arus lalu lintas tidak sepenuhnya terhenti. Untuk sementara waktu, hanya kendaraan roda dua yang diizinkan melintas secara bergantian, sebagai upaya untuk memastikan kelancaran proses evakuasi dan menjaga keamanan masyarakat yang melintas.

Kasat Lantas Polres Luwu Utara, AKP A.M. Yusuf, S.H, menegaskan bahwa pihak kepolisian siap memberikan upaya terbaik dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat. Dia juga mengapresiasi kerjasama dan dukungan dari pemerintah desa serta masyarakat sekitar dalam proses penanganan bencana ini.

Kapolres Luwu Utara, AKBP MUHAMMAD HUSNI RAMLI.S.I.K., MH.,M.TR.OPSLA, juga memberikan tanggapannya terkait kejadian ini. “Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada tim penanganan bencana yang telah bertindak dengan cepat dan tanggap dalam menangani situasi darurat ini. Kerjasama yang solid antara kepolisian, pemerintah desa, dan masyarakat sangat penting dalam menghadapi bencana seperti ini. Kami akan terus melakukan upaya terbaik kami untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat Luwu Utara,” Ucap AKBP MUHAMMAD HUSNI.(Mikson).