Seminar Penyuluhan dan Pembuatan Pupuk Kompos Oleh KKN UNANDA Palopo

oleh -97 membaca

Luwu Utara, Chaneltimur.comSeminar Penyuluhan dan Pembuatan Pupuk Kompos diadakan oleh Syamsuandi mantan pendampingan penyaluran bantuan ayam, program kementrian dan selaku PPL Pertanian Kec. Malange sampai sekarang, kegiatan ini diadakan di Aula Kantor Desa Bumi Harapan, Sabtu, 2/12/2023

Penyuluhan dan Pembuatan Kompos merupakan Program Kerja (Proker) dari Mahasiswa KKN UNANDA Palopo.

Heri Tibuang yang merupakan Koordinator Desa (Kordes) Bumi Harapan dalam sambutannya berharap agar proker mereka berguna bagi para petani.

“Semoga dengan adanya seminar proker ini dapat berguna bagi para petani khususnya di Desa Bumi Harapan kedepannya dalam mengurangi penggunaan pupuk pestisida yang selama ini kurang bagus bagi ekosistem tanah pertanian,” harapnya.

“Kami juga memohon maaf apabila selama KKN ada yang kurang berkenan bagi masyarakat, saya mewakili teman-teman Posko Bumi Harapan memohon maaf yang sebesar-besarnya,” ucapnya.

Sekelompok tani yang ada di Desa Bumi Harapan Kec.Baebunta Kab.Luwu Utara dapat memahami dampak penggunaan pupuk pestisida selama ini yang mereka gunakan dikarenakan kurang bagus bagi ekosistem dan kesuburan tanah.

Dengan adanya seminar tersebut, kelompok tani dapat mengetahui cara pembuatan pupuk kompos yang ramah lingkungan serta bermanfaat bagi ekosistem pertanian.

Pandin Kepala Desa Bumi Harapan Mewakili Warganya yang selaku petani Desa Bumi Harapan mengatakan bahwa seminar tersebut sangat berguna bagi Masyarakat Bumi Harapan dan ini berkesan.

“Seminar penyuluhan ini berguna dan berkesan sekali bagi kami para petani karena selama ini kami cuma pikir pupuk pestisida bagus ternyata itu persepsi yang salah,” katanya.

“Penyuluhan ini berguna sekali bagi kami karena dapat menambah wawasan serta nantinya dalam mempraktekkan langsung pembuatan pupuk kompos ini,” tuturnya.

“Terima kasih anak-anak Mahasiswa KKN UNANDA Palopo, khususnya Posko Arusu,” ucapnya.

Kepala Desa Bumi Harapan Pandin. menuturkan bahwa sangat senang terhadap Mahasiswa KKN UNANDA Palopo Posko Bumi Harapan.

“Selama ada KKN yang ada di Desa Bumi Harapan, KKN inilah yang paling berkesan bagi saya dan masyarakat karena proker-proker yang mereka jalankan sangat dibutuhkan masyarakat serta pendekatan emosional mereka sangat baik bagi masyarakat,” tuturnya.

“Harapan saya, semoga kedepannya ada lagi Mahasiswa KKN UNANDA Palopo mengabdi di Desa kami,” harapnya.

“Saya atas nama Pemerintah Desa mengucapkan terima kasih kepada pihak UNANDA yang telah mempercayai Desa kami untuk mengabdikan Mahasiswanya di Desa kami,” ucapnya.

Lap. (Mikson)