SDN 047 Bumi Harapan, Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

oleh -29 membaca

Luwu Utara, Chaneltimur.com Sebagai wujud rasa cinta kepada Rasulullah SAW, SDN 047 Bumi Harapan Kecamatan Baebunta Kab.Luwu Utara,memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Jumat (06/10/2023).

Kegiatan yang diikuti 82 siswa/
Siswi Muslim dan Non Muslim bersama Guru Non Muslim pun juga ikut partisipasi dalam memperingati Maulid NABI MUHAMMAD SAW.Siswa Siswi Muslim mengambil tema “Dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kita Teladani Akhlak Rasulullah SAW”.

Guru Agama Islam SDN 047 Bumi Harapan Sulkaedah S,pdi, mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta kepada Rasulullah SAW.

“Dengan demikian, anak-anak bisa meneladani akhlak dari Rasulullah SAW dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat dan keluarga,” katanya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diawali dengan sejumlah perlombaan keagamaan.

Lomba-lomba ini digelar untuk menggali potensi yang ada di sekolah dan mencari bakat siswa melalui lomba hifdzil Qur’an, dan Cerita Islam (Ceris).Dll

“Untuk lomba hifdzil Qur’an ini yang seharusnya diikuti oleh siswa-Siswi kelas 1 hingga 6 dengan menghafalkan surah-Surah pendek meliputi Surah Al Ma’un, Surat Al Kautsar, Surat Al Kafirun, Surat An-Nasr dan Surat Al Lahab. Sementara untuk Lomba Pildacil dan Lomba Ceris seharusnya diikuti oleh siswa kelas 4 hingga 6,” akan tetapai guru agamanya Islamnya seharusnya merencanakan dan mempersiapkan agenda kegiatan MAULIT NABI MUHAMMAD SAW sebagai bentuk motivasi agama untuk Siswa-Siswi jelasnya.

Kegiatan ini di lakukan hanya 4(empat)oleh Guru muslim yaitu : Sulkaedah S,pdi. Sebagai Guru muslim dibantu Hartati S,pd. Harnawati S,pd.Darniati A,ma,pd.mengaku sangat bersyukur karena anak didiknya sangat antusias memperingati Maulid tersebut. Padahal Maulid ini bisa dikatakan mendadak sekali..

“Alhamdulillah, banyak siswa yang ikut Maulid sambil membaca Solawat Nabi dan membaca Surah pendek dan . Intinya ini untuk belajar untuk selalu ingat NABI MUHAMMAT SAW. sebagai bentuk kecintaan dan rasa percaya Bahwa Nabi MUHAMMAD adalah NABI RAHMATAN LILALAMIN.

Menurut pemantauan Awak Media, semua petugas dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini berasal dari siswa Siswi mulai dari pembacaan sholawat hingga pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an.

Tapi seharusnya Puncaknya adalah tausiyah untuk mengajarkan tentang Agama dan memupuk ketaqwaan kepada Allah SWT serta cinta kepada Rasulullah SAW yang seharusnya disampaikan oleh guru agama Islam.

. “Dukungan dari Kepala Sekolah Agus seba, sekalipun dia Non muslim.walaupun mereka tidak menghadiri acara ini tersebut. Komite sekolah antusias memberikan support, termasuk menghadiri acara maulid bersama semua para Guru Muslim juga non Muslim gitu pun Siswa Siswi, walupun itu mendadak dalam bentuk toleransi antara ummat beragama diSDN 047 Bumi Harapan tentram dan damai selalu kompak dan harmonis ,” ujarnya.

Sulkaedah S,pdi menambahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini bisa lebih mempererat sikap toleransi, gotong royong dan saling menghargai satu sama lain

”Semoga kegiatan ini bisa memupuk kebersamaan siswa dan memupuk kepercayaan diri siswa supaya kelak menjadi anak bangsa yang berahlak dan beriman kepada Allah Swt dan Rosulnya, Harapannya agar anak menjadi generasi pelanjut yang beriman dan selalu tampil dan bisa berprestasi dalam hal keagamaan,” pungkasnya. (Mikson)