Revitalisasi Pesanggrahan dan TK Pertiwi Tanete Jadi Kado Akhir Tahun 2023

oleh -17 membaca
oleh

Bulukumba, Chaneltimur.com – Dua bangunan ikonik di Tanete Kecamatan Bulukumpa rampung dikerjakan tahun 2023 ini.

Revitalisasi kedua bangunan itu adalah Pesanggrahan dan Taman Kanak Kanak (TK) Pertiwi. Pekerjaaan Pesanggrahan adalah rehab bangunan gedung dan penataan taman di halaman Pesanggrahan.

Revitalisasi salah satu Cagar Budaya Bulukumba ini menelan anggaran Rp1,4 milyar. Dengan halaman dan taman yang lebih tertata rapi, Pesanggrahan Tanete ini menjadi ruang publik yang lebih representatif bagi warga.

Sementara pembangunan TK Pertiwi merupakan pekerjaan renovasi total, dimana gedung lama dibongkar dan dibangun kembali dengan gedung baru berlantai dua yang menelan anggaran Rp1,4 miliar.

Setelah rampung kini gedung TK Pertiwi tampak megah dengan model minimalis. Bahkan menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulukumba, Andi Buyung Saputra gedung TK Pertiwi ini memiliki prototipe sebagai TK bertaraf internasional.

Menurutnya penyelesaian pekerjaan kedua bangunan yang dianggarkan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini menjadi kado akhir tahun 2023.

“Revitalisasi Pesanggrahan sebagai upaya menjaga cagar budaya. Sementara TK Pertiwi sebagai TK percontohan dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini,” ungkap Andi Buyung Minggu 31 Desember 2023.

Terkait pelaksanaan proyek infrastruktur di sektor pendidikan, Andi Buyung mengaku menyiapkan tim sehingga proyek infrastruktur pendidikan dan kebudayaan lebih berkualitas.

“Kita punya tim pengelola DAK dan DAU yang di lapangan terus mengawasi pelaksanaan, baik menggunakan anggaran DAK maupun DAU,” kata Andi Buyung Saputra.

Sementara dari sisi kurikulum, lanjutnya 100% menerapkan implementasi Kurikulum Merdeka, guru penggerak menjadi kepala sekolah di angka 45% dan tertinggi di Sulsel.

Disdikbud Bulukumba juga menggalakkan pendidikan vokasi wirausaha dengan menanam cabai, sayuran, pupuk organik dan penelitian terintegrasi dengan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5). (Hj.Hasmi)