Ratusan Warga Zikir Akhir Tahun 2023 di Gedung Phinisi Bulukumba

oleh -7 membaca

Bulukumba, Chaneltimur.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba menggelar Zikir Akbar Akhir Tahun 2023 di Top Floor Gedung Phinisi, Minggu, 31 Desember 2023. Zikir ini, dihadiri ratusan warga dari berbagai kecamatan di Bulukumba.

Zikir ini adalah untuk pertama kali digelar di gedung yang baru saja rampung pembangunannya. Di lantai atas atau lantai 4 dibiarkan terbuka karena akan diperuntukkan sebagai tempat food court. Hanya ada beberapa ruang tertutup di sudut kanan belakang dan ruang di bawah Kapal Pinisi yang menjulang tinggi.

Bangunan baru yang akan diberi nama Gedung Phinisi ini akan menjadi kantor bersama untuk delapan organisasi perangkat daerah (OPD). Namun, bagian top floor dimanfaatkan sebagai food court yang terbuka untuk masyarakat umum.

Warga di salah satu desa di Kecamatan Rilau Ale, Bunga Nirwana mengaku terdorong secara pribadi untuk datang ke acara zikir bersama. Ia bersyukur bisa menikmati fasilitas gedung tersebut.

“Alhamdulillah gedung ini sangat bermanfaat. Bukan hanya ASN saja, tapi masyarakat umum juga bisa ke sini. Semoga Bapak Bupati dimudahkan untuk terus bekerja,” ujarnya.

Warga Kecamatan Gantarang, Takdir juga bersyukur bisa ikut zikir bersama. Selain memang karena undangan terbuka untuk zikir bersama, gedung ini punya magnet untuk dikunjungi.

“Di puncak gedung ini, ada Kapal Pinisi. Ketertarikan kita ke sini, bisa foto-foto. Apalagi kalau di puncak gedung, hampir seluruh wilayah kota bisa diliat,” katanya.

Warga lainnya dari Kecamatan Bulukumpa, Arini ikut bersuara. Ia berharap ke depan gedung ini bukan hanya menjadi ikon baru Bulukumba, tapi ada pergerakan ekonomi.

“Gedung ini sangat representatif untuk transformasi pergerakan ekonomi UMKM. Kita bisa liat sudah banyak kontainer untuk tenan-tenan kuliner. Pokoknya tempatnya bagus untuk santai di sore dan malam hari,” jelasnya.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dalam sambutannya berharap agar gedung Phinisi bisa memberikan kenyamanan bagi ASN dalam bekerja. Sehingga, pelayanan kepada masyarakat benar-benar bisa dimaksimalkan.

“Gedung ini, tempat kita semua berinovasi apa yang harus dilakukan untuk Bulukumba bisa lebih baik ke depan,” ungkap bupati yang akrab disapa Andi Utta.

Andi Utta mengatakan, proses penganggaran pembangunan gedung tidak sekaligus tuntas tapi penganggarannya pun bertahap.

“Kenapa penting gedung seperti ini?, agar bisa memudahkan koordinasi dan pelayanan ke masyarakat. Dengan begitu, kita semua tidak harus mutar-mutar lagi,” sambung Andi Utta.

Saat sambutan, Andi Utta juga menyampaikan sejumlah program kegiatan yang dilaksanakan tahun 2024, diantaranya infrastruktur jalan yang anggarannya mencapai Rp131 milyar, pembangunan pasar Sentral dan pasar Tanete untuk tahap pertama atau bangunan struktur. Begitu pula pembangunan dermaga kolam labuh Bentenge.

Diketahui, zikir bersama akhir tahun 2023 juga dihadiri oleh Wabup Andi Edy Manaf, Sekda Muh Ali Saleng, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD Kepala Kantor Kemenag Bulukumba hingga pimpinan Baznas. Sementara tausiyah, disampaikan oleh Ustaz Kamaruddin Lehong.

Seusai berzikir, warga yang datang tak langsung pulang. Mereka menaiki tangga menuju puncak untuk mengabadikan fotonya di atas kapal Pinisi. (HJ.Hasmi)