Pelabuhan Lembang Keke Kajang Tuntas Dikerjakan

oleh -8 membaca
oleh

Bulukumba, Chaneltimur.com – Fasilitas pelabuhan yang ada di Kabupaten Bulukumba kini bertambah satu lagi. Pelabuhan tersebut Pelabuhan Lembang Keke yang baru saja tuntas dikerjakan pembangunannya tahun ini yang berada di Kelurahan Tanah Jaya, Kecamatan Kajang.

Sekretaris Dinas Perhubungan Idham Khalid menjelaskan, Pelabuhan Lembang Keke Kajang akan menjadi pelabuhan pengumpan lokal. Selain itu pelabuhan Lembang Keke ini berfungsi untuk tempat bersandarnya perahu nelayan.

“Pelabuhan ini nantinya bakal berfungsi melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri, alih muat angkutan laut dalam negeri dalam jumlah terbatas,” ungkap Idham Sabtu 30 Desember 2023.

Hal tersebut lanjutnya berdasarkan Permenhub, bahwa pelabuhan seperti ini juga merupakan pengumpan bagi Pelabuhan Utama dan Pelabuhan Pengumpul, dan sebagai tempat asal tujuan penumpang dan atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan dalam kabupaten atau kota.

“Tentu dengan kehadiran pelabuhan ini bakal menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ungkapnya.

Selain itu, tambahnya kehadiran pelabuhan Lembang Keke bakal berdampak terhadap perputaran ekonomi di Kabupaten Bulukumba yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk diketahui anggaran pembangunan pelabuhan ini menggunakan anggaran pusat. Pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelontorkan anggaran senilai kurang lebih Rp52 miliar untuk pembangunan pelabuhan sampai rampung.

Rencananya pelabuhan Lembang Keke ini akan diresmikan pada Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke 64 tahun 2024 dan selanjutnya pengelolaannya akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba. (Hj.Hasmi)