Polres Jeneponto Gelar Apel Launching Program Polisi RW

oleh -11 membaca

Chaneltimur.com, Jeneponto – Kepolisian Resor Jeneponto Polda Sulsel  meluncurkan program Polisi RW,kegiatan tersebut berlangsung saat di halaman apel Mapolres Jeneponto, pada Selasa, 6/6/2023.

Wakapolres Jeneponto Kompol Muh Idris, S.Sos,.MH yang bertindak sebagai pimpinan apel menjelaskan,program Polisi RW merupakan bagian dari pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di lingkup RW (lingkungan/dusun), Polisi RW sendiri diemban oleh seluruh personel Polri dari berbagai fungsi dan tingkatan di kepolisian.

”Program ini tidak hanya dilakukan di Polres Jeneponto, melainkan  juga diseluruh wilayah Indonesia, semua anggota Polri dari semua fungsi akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembina kamtibmas di tingkat RW,” ucap Kompol Idris.

Wakapolres menambahkan, program Polisi RW untuk meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada Polri, tentunya dengan menguatkan upaya preemtif dalam mewujudkan stabilitas keamanan dalam negeri lingkup terkecil wilayah (RW,Lingkungan,Dusun)

Fungsinya lebih kepada menjadi mitra Bhabinkamtibmas di wilayah,namun Polisi RW ini tidak berkantor seperti Bhabinkamtibmas,” ujarnya.

”Program ini diharapkan juga dapat meningkatkan interaksi langsung pada tingkat RW. Tentunya dengan tidak mengesampingkan tindakan preemtif dalam pelaksanaannya ,” ucapnya.

Melalui Polisi RW ini menjadikan para personel Polri dapat mendengarkan langsung keluhan warga dan meresponnya hingga diupayakan dapat menyelesaikan permasalahan,maka melalui program tersebut diharapkan Polri dan masyarakat dapat bersinergi dan bekerjasama dengan semua lapisan demi situasi kamtibmas yang kondusif.

Diharapkan dengan dibentukanya Polisi RW masyarakat lebih dengan dengan Polisi, sehingga dapat diambil tindakan yang tegas dan cepat untuk mengatasiinya  sehingga tidak perlu lapor ke Polsek dan Polres”,terang Wakapolres Jeneponto.

Sekedar informasi bahwa Polres Jeneponto menerjunkan sekitar 224 orang personel yang nantinya menjadi Polisi RW yang tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten Jeneponto. Mansur Lau.