Peringati Hari Kesehatan Tuberkulosis Sedunia, RSUD I Lagaligo Lakukan Edukasi Kesehatan

oleh -4 membaca
oleh

Luwu Timur, Chaneltimur.com – Dalam rangka memperingati hari kesehatan Tuberkulosis Sedunia, RSUD I Lagaligo Kamis, 28 Maret 2024 melakukan edukasi kesehatan terkait Pencegahan dan Pengendalian Tuberkulosis diruang tunggu poliklinik. Edukasi ini juga dilakukan karena masih rendahnya tingkat kepedulian masyarakat untuk menjalani pengobatan TB secara rutin sedangkan tiap tahun jumlah pasien TB di Luwu Timur terus mengalami peningkatan.

Setiap orang memiliki peluang untuk tertular bakteri TB dikarenakan penularan bakteri TBC dapat terjadi melalui droplet/percikan melalui batuk, bersin dan berbicara, kemudian bakteri yang keluar akan terhirup dalam saluran nafas orang yang sehat, didalam saluran nafas bakteri TBC dapat berkembang biak atau dorman (tertidur) dan ketika daya tahan tubuh menurun maka bakter TBC akan berkembang biak dan menimbulkan gejala TBC.

dr. Anastasia Panggelo, Sp.PD selaku dokter spesialis penyakit dalam memberikan beberapa tips bagaimana menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah penularan TB yaitu makan makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh,

“membuka jendela agar rumah mendapatkan sinar matahari dan udara segar, olahraga teratur dan pada orang dengan HIV AIDS (ODHIV) diharuskan mengkonsumsi 𝑻𝒆𝒓𝒂𝒑𝒊 𝑷𝒆𝒏𝒄𝒆𝒈𝒂𝒉𝒂𝒏 𝑻𝑩𝑪 (𝑻𝑷𝑻) untuk pencegahan sakit TBC” Ujar dr. Anastasia Panggelodr.

Kegiatan penyuluhan ini di meriahkan dengan pembagian souvenir bagi peserta yang memberikan pertanyaan dan di akhiri dengan foto bersama.

Lap. MS