Kades Kariango Berharap Desa’nya  Menjadi Desa Mandiri

oleh -17 membaca
oleh

Luwu Utara, Chaneltimur.com – Kepala Desa Kariango, “Haruna” berharap Desa’nya bisa menjadi desa yang mandiri karena, menurutnya Kemandirian itu menjadi semakin penting mengingat perubahan iklim dan ketergantungan yang semakin tinggi pada sumber daya luar.

Berikut adalah beberapa langkah yang akan diambil oleh kepala desa Kariango saat disambangi oleh awak media.

Pertama, memanfaatkan potensi alam di desa kami, Desa Kariango memiliki berbagai potensi alam yang berbeda-beda tergantung lokasinya oleh karena itu, kami berupaya memanfaatkan potensi alam ini secara optimal.

Dengan lahan pertanian yang luas dan subur, kami dapat mengembangkan pertanian organik dan menjual produknya ke setiap wilayah, selain itu, keberadaan Desa
Kariango, yang dekat dengan sumber air dari irigasi sungai Baebunta yang memungkinkan kami untuk mengembangkan usaha pertanian dan potensi untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Kedua, mengembangkan usaha kecil dan menengah yang berbasis pada potensi desa kami. Industri-industri kecil seperti pengolahan makanan, kerajinan tangan dan industri kreatif lainnya dapat memberikan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian warga desa. Ini juga dapat mengurangi ketergantungan kami pada produk-produk luar.

Ketiga, memanfaatkan teknologi. Teknologi yang dapat menjadi alat yang sangat berguna bagi desa kami untuk mengembangkan diri menjadi desa yang mandiri. Kami dapat memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan produksi pertanian, menjual dan memasarkan produk secara online, mengelola keuangan desa, dan masih banyak lagi. Selain itu, teknologi juga dapat digunakan untuk meningkatkan akses pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat desa.

Terakhir, meningkatkan partisipasi masyarakat. Partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa adalah hal yang sangat penting.

Masyarakat desa harus terlibat langsung dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan program-program pembangunan desa. Dengan meningkatkan partisipasi masyarakat, desa kami dapat menjadi lebih mandiri dan dapat mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan dan potensi masyarakat.

Itulah tujuan kami untuk menjadi desa yang mandiri dengan memanfaatkan potensi alam setempat, mengembangkan industri kecil dan menengah, memanfaatkan teknologi, dan meningkatkan partisipasi masyarakat, kami percaya bahwa Desa Kariango dapat menjadi desa yang mandiri. “Tutup Kades.”
Lap. Mikson