Harmonisasi Kelembagaan Kunci Sukses Terselenggaranya Kerja Pengawasan

oleh -32 membaca
oleh

Malili, Chaneltimur.com Anggota Bawaslu Luwu Timur Sulkifli mengatakan, program Panwaslu Kecamatan akan berjalan dengan baik ketika Panwascam dan Sekretariat memiliki hubungan yang harmonis.

“Percuma memiliki SDM yang baik, sarana prasarana yang memadai tetapi ketika pola hubungan dalam hal harmonisasi antara sekretariat dengan komisioner tidak terbangun dengan baik maka hasilnya akan nihil,”tegas Sulkifli dalam kegiatan peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM yang diselenggarakan di hotel I Lagaligo, Jumat (27/10/2023).

Sulkifli mengingatkan agar Sekretariat dan Komisioner membangun pola hubungan yang baik dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang.

“Bangunlah harmonisasi yang baik dalam kelembagaan pengawas pemilu khususnya di Kecamatan,”ucapnya.

Selain itu, peningkatan kompetensi sumber daya manusia juga perlu dilakukan dalam rangka menunjang kerja-kerja pengawasan pada setiap tahapan pemilu.

“Lembaga kita (Bawaslu) adalah lembaga yang terhormat dan bermartabat baik dari segi pandangan konstitusi maupun pandangan publik, artinya untuk mengelola lembaga sebesar ini diperlukan perangkat atau kompenen yang harus baik dengan dibarengi kompetensi sumber daya manusia yang mumpuni,”ujarnya,

Pada kegiatan tersebut, Bawaslu Luwu Timur menghadirkan dua narasumber yang berkompeten di bidangnya, yakni Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan periode 2013-2020 H. Sudirman Rahim, S.E.,M.M dan Kepala Subbagian Administrasi Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan periode 2015-2020 Ir. Syukri Supiana, M.M.

Hadir pula Kepala Bagian Administrasi Bawaslu Sulsel Muhlis Mas’ud bersama Kepala Sub bagian Fachrul Nawawi dan staf, Kepala Sekretariat Bawaslu Luwu Timur Lenny Thalib, Kasubbag Administrasi Dedy Sutaryo, Bendahara Pengeluaran Pembantu Yardi Yunus Lapoliwa, dan PNS Bawaslu Luwu Timur St. Aisyah serta jajaran internal Sekretariat.

Adapun peserta pada kegiatan ini yaitu Ketua, Kepala Sekretariat, staf pengelola keuangan dan staf keuangan Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Luwu Timur. (Redaksi)