Desa Mukti jaya Maju Berkembang di Tangan Muh.Yusuf

oleh -20 membaca
oleh

Luwu Utara, Chaneltimur.com – Muh.Yusuf A.wani S.Sos, merupakan Kepala Desa Mukti Jaya, Kecamatan Baebunta Selatan yang terpilih pada Pilkades serentak Tahun 2022.

Sejak menjabat tahun pertama setelah pelantikannya langsung melakukan evaluasi terhadap pembangunan di desa’nya yang sangat nampak tertinggal di banding dengan desa sekitarnya.

Adapun langka yang diambil yakni, melakukan supervisi terhadap dua hal pokok pertama, keadaan masyarakat setempat terhadap respon pembangunan, Kedua, sistem manajemen pemerintahan yang ada di desanya berjalan baik atau tidak.

Awalnya Kepala desa melakukan pendekatan kepada semua elemen masyarakat diajak dan berdiskusi secara persuasif, kemudian setelah menemukan benang merahnya persoalan yang membelit desa ini sampai tidak maju, lalu membuat perencanaan menyeluruh terkait dasar-dasar sebuah pemerintahan desa, pola ini terbangun dengan sempurna dengan sendirinya dan dia menemukan jalan yang terbaik terhadap kemajuan desanya. tutur kades saat dikonfirmasi awak media.

Kepala Desa Mukti Jaya dari kecil hingga sekarang tak pernah meninggalkan kampung, jadi tahu persis kondisi kampungnya sampai akhirnya dimekarkan menjadi sebuah desa dengan otonomi yang dimilikinya, pantas untuk ditata dan dibangun seperti desa-desa lain yang ada.

“Saya seorang ASN aktif dan nuraninya terpanggil untuk membangun desa lantaran melihat desa Mukti Jaya ini ibarat kampung yang jauh dan tak terurus”, tutur kades ke awak media.

Lanjut Kades, masyarakat desa ini mayoritas petani, sangat dipahami betul bahwa untuk membangun sebuah desa yang latar belakang penduduknya petani maka infrastruktur jalan adalah suatu keharusan yang mutlak diprioritaskan karena itu merupakan urat nadi perekonomian yang sangat menunjang kelancaran mobilitas hasil pertanian penduduk setempat.

Perjalanan panjang desa ini dengan potensi desa yang ada tampaknya harus di menets dengan baik, dengan melibatkan berbagai aspek antara lain;

pengelolaan SDM, pengelolaan keuangan, pengembangan infrastruktur, serta pengembangan berbagai sektor ekonomi yang ada di desa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Disamping pembangunan infrastruktur jalan tani yang diutamakan, juga mengkaji kembali untuk memberdayakan potensi Bumdes yang dinilai mampu menggerakkan ekonomi masyarakat desa, menurutnya dana APBN yang digelontorkan pemerintah pusat ke daerah/desa harus di manfaatkan semaksimal mungkin tidak saja kita pandai menempatkan anggaran itu dan habis tahun lalu membuat LPJ selesai, tapi lebih utama memanfaatkan dana itu untuk di kembangkan dan menggerakkan ekonomi sebagai tulang punggung ekonomi masyarakat setempat demi kesejahteraan rakyat di desa, serta lembaga pengembangan ekonomi masyarakat desa yang direkomendasikan pemerintah lewat Bumdes. kata kades.

Adapun Kajian  pemerintah desa Mukti jaya bersama masyarakat setelah mempelajari potensi desa kebutuhan masyarakat dan pengembangan usaha ke depan yang dibutuhkan sepanjang kehidupan manusia, kami berkesimpulan melakukan usaha budidaya Ikan, ini baik untuk melayani kebutuhan masyarakat lokal dan masyarakat luas pada umumnya.

Kita bekerja dan membuat program berdasarkan data dan kami ada data
Se’Sulsel tentang potensi kebutuhan ikan dan sekaligus pemasarannya. Untuk rencana ini tahap awal di triwulan ke 4 TA.2023 lalu kami siapkan pengadaan Pabrik pembuatan Pakan ikan, kemudian pengadaan kolam budidaya di TA.2024 dan pada triwulan 1 Tahun ini disiapkan sekaligus difungsikan 3 Kolam budidaya ikan dan insyaallah Allah bulan April tahun ini bisa kita lihat hasilnya, rencana ini akan dikembangkan dengan 7 kolam budidaya ikan di tahun ini, semoga dengan dukungan semua pihak usaha yang kami bangun, bisa menjadi tumpuan ekonomi desa dan rakyat Mukti jaya, yang sangat mendukung usaha kami ini adanya komitmen pengusaha budidaya ikan dari Kab.Gowa yang siap mendampingi kami sampai berhasil, dimana tempat kami melakukan studi tiru, atas keberhasilannya mendorong kami melakukan kajian dan penelitian dengan satu tekat insyaallah Allah kami bisa, demikian kiat- kiat desa Mukti jaya dalam Wawancara khusus dengan awak media.
Lap.Mikson