Bupati Luwu Timur Hadiri Rakernis Baharkam Polri di Makassar

oleh -26 membaca
oleh

LUTIM, Chaneltimur.com Bupati Luwu Timur, H. Budiman menghadiri Rapat Kerja Teknis Badan Pemeliharaan Keamanan (Rakernis Baharkam) Polri Tahun 2024, yang berlangsung di Hotel Four Points Makassar, Rabu (05/06/2024).

Rakernis Baharkam tersebut dibuka langsung Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan turut dihadiri para kepala daerah dan jajaran Forkopimda se-Sulsel, pejabat utama Mabes Polri, jajaran Baharkam Polri, jajaran TNI, para Kapolda se-Indonesia, rektor universitas se-Sulsel, para tokoh adat, tokoh masyarakat dan para undangan.
Pada momen ini, Bupati Budiman turut menyaksikan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dianugerahi Gelar Kebangsawanan dari tiga kerajaan besar di Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu Kerajaan Luwu, Gowa dan Bone.
Salah satu gelar adat dari Kedatuan Luwu yang diberikan kepada Kapolri yaitu “La Sumange’ Getteng” memiliki arti semangat yang tegas dan konsisten tidak ragu dan bimbang dalam menegakkan keadilan serta kebenaran. Nama adat tersebut disematkan oleh Yang Mulia Cenning Luwu, Andi Sitti Huzaimah Mackulau Opu Daeng Ri Paju dalam bentuk pin emas, Pusaka Luwu berjenis Sapukala serta sertifikat yang ditandatangani Datu Luwu XL, La Maradang Mackulau Opu To Bau.
Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Andi Rian R. Djajadi menekankan pentingnya peran masyarakat dan infrastruktur dalam menurunkan tingkat kriminalitas, serta pentingnya pendidikan dan pelatihan bagi profesionalisme Polri.
Beliau juga menyoroti pentingnya sinergi dan solidaritas dalam menghadapi tantangan di masa depan.
Ditemui setelah kegiatan, Bupati Budiman mengucapkan selamat kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas Penganugerahan Gelar Adat dari Tiga Kerajaan di Sulsel.
Hal tersebut, kata Budiman, mengartikan bahwa kepemimpinan Kapolri selama ini telah menampilkan sosok Polri yang berwibawa, humanis dan tegas serta dekat dengan masyarakat luas terutama masyarakat di Tana Luwu yang juga merupakan bagian dari Kerajaan Luwu.
“Semoga Bapak Kapolri dipanjangkan umurnya dan diberikan kelimpahan berkah kesehatan dan kesejahteraan agar terus menjadi suri tauladan bangsa. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini juga sebagai bentuk sinergitas dan kolaborasi yang baik antara TNI, Polri dan Pemerintah dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujar Bupati Luwu Timur singkat.
Adapun tema rakernis Baharkam Polri pada tahun ini adalah “Baharkam Polri Presisi yang Proaktif dan Adaptif Siap Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang inklusif dan Berkelanjutan”. (ul/prokopim/ikp-humas/kominfo-sp)