Aneka Ragam Budaya, Tampil dalam Kegiatan Roadshow Kebudayaan di Kecamatan Tomoni Timur

oleh -14 membaca
oleh
oppo_0

Luwu Timur, Chaneltimur.com – Hari ke 10 kegiatan Road Show Kebudayaan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur berlangsung di Kecamatan Tomoni Timur. Jumat,(7/06/2024).

Ribuan warga Kecamatan Tomoni Timur dengan tampilan adat dan budaya masing-masing, tumpah ruah di Lapangan Kecamatan Tomoni Timur.

Hadir dalam kegiatan Road Show, Ibu Bupati Luwu timur, Wakil
Bupati Luwu Timur, forum koordinasi pimpinan Daerah, Anggota DPR Kabupaten Luwu timur, sekertaris daerah, Asisten dan staf ahli, unsur Tripika, Camat Tomoni Timur beserta tim penggerak Pkk Kecamatan Tomoni Timur, para kepala desa Se’kecamatan Tomoni Timur, Tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Wakil Bupati Luwu Timur, menyampaikan di kegiatan Road Show Budaya sejatinya adalah jantung dari identitas bangsa yang mencerminkan sejarah dan nilai nilai kearifan yang telah diwariskan dari generasi ke generasi, tidak hanya sekedar tarian, lagu atau upacara tetapi mencakup seluruh aspek kehidupan kita sehari-hari mulai dari bahasa, pakaian, makanan, hingga cara kita berinteraksi satu sama lain, setiap elemen budaya memiliki makna yang mendalam yang perlu kita pahami dan kita lestarikan.

Adapun Kegiatan Road Show Kebudayaan ini dilaksanakan sebagai upaya pemerintah daerah untuk mengenalkan kebudayaan dan keunikan masyarakat Luwu Timur yang sangat heterogen hal ini juga sejalan dengan visi daerah berkelanjutan dan lebih maju berlandaskan nilai agama dan budaya.

Akbar juga menyampaikan untuk menjaga dan melestarikan budaya perlu adanya sinergiritas dari berbagai pihak baik pemerintah dan masyarakat maupun sektor swasta.

“Lewat kegiatan Road Show Kebudayaan juga untuk mendorong UMKM lokal sehingga perputaran ekonomi dapat mendongkrak penghasilan masyarakat”, tutur Akbar.

Kegiatan Road Show atau parade kebudayaan masyarakat Tomoni Timur menyaksikan berbagai pertunjukan budaya di antaranya tarian Kecak, tari Pendet, Gambiyong, Paggellu dan lain-lain”,

Camat Tomoni Timur, Yulius menyampaikan bahwa kegiatan roadshow budaya di kecamatan Tomoni Timur kita bisa menyaksikan berbagai macam budaya dan keberagaman yang ada di Luwu Timur

“Dalam Kegiatan roadshow kebudayaan banyak menampilkan berbagai macam tarian yang berasal dari berbagai daerah.” tutur Yulius. (Redaksi)