Tanam Pohon Mangrove, Asri Asrul Puji Andi Utta Sebagai Bupati Paling Peduli Lingkungan

oleh -5 membaca

Bulukumba, Chaneltimur.com – Pemerintah Desa Manyampa bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar penanaman pohon mangrove di kawasan Ekowisata Mangrove Luppung Desa Manyampa, Kecamatan Ujungloe, Rabu 20 Desember 2023.

Penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Penanaman Pohon Indonesia sekaligus penyerahan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) kepada Desa Manyampa dan beberapa desa lainnya.

Pada momentum tersebut Sekretaris Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E), Asri Asrul dalam sambutannya memuji Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf sebagai kepala daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang paling memperhatikan persoalan lingkungan hidup.

Asri menyampaikan bahwa kepedulian Bupati Bulukumba terlihat dari program-program rehabilitasi lingkungan dalam pemerintahannya.

Misalnya saja program penanaman pohon buah-buahan yang menjadi salah satu program unggulan di Kabupaten Bulukumba.

Menurut Asri program penanaman pohon yang dicanangkan oleh Andi Utta berkontribusi besar dalam menahan laju deforestasi di Sulawesi Selatan.

“Bupati Bulukumba sangat peduli terhadap lingkungan, dibandingkan dengan Bupati-Bupati lain di Sulsel peduli juga tapi tidak seperti Pak Bupati (Muchtar Ali Yusuf),” ujar Asri.

Selain itu program penanaman pohon yang merupakan bibit unggul hasilnya dapat bernilai ekonomi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung upaya-upaya pemulihan dan pencegahan kerusakan lingkungan.

Menurut Andi Utta, sapaan akrabnya, Kabupaten Bulukumba merupakan daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah baik itu di sektor perkebunan, pertanian, perikanan, dan parawisata.

Sehingga untuk menjaga potensi tersebut memelihara lingkungan merupakan hal yang harus dilakukan.

Tidak sekedar narasi atau gagasan, tapi bagi Andi Utta memelihara lingkungan harus diperlihatkan dengan tindakan.

“Saya rela kebun pribadi saya dijadikan sebagai lahan percontohan, dan ini saya lakukan demi memberikan contoh yang baik kepada masyarakat mengenai upaya rehabilitasi lingkungan dan meningkatkan kualitas produksi pertanian,” kata Andi Utta.

Andi Utta menyampaikan bahwa upaya-upaya rehabilitasi dan pemeliharaan lingkungan akan terus digencarkan dalam program pemerintahannya.

“Dengan program penanaman pohon, dengan sendirinya kita telah mendukung pemenuhan O2 (oksigen) di dunia. Ditambah lagi nilainya nanti jika sudah menghasilkan buah yang berkualitas,” ungkap Bupati berlatar pengusaha itu.

Diketahui Ekowisata Mangrove Luppung adalah salah satu kawasan wisata lingkungan yang dikelola oleh Pemerintah Desa Manyampa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di desa tersebut. (Hj.Hasmi)