Sosialisasi Peraturan Bupati Luwu Utara No 6 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenaga Kerjaan Melalui Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial

oleh -38 membaca
oleh

Luwu Utara, Chaneltimur.com – Adjie Saputra S,Sos,M,Si. Kadis DP2KUKM, DPMPTSP,  Luwu utara membuka Sosialisasi jaminan Sosial Ketenaga kerjaan yang bertempat di Hotel Remaja.

Di adakannya sosialisasi Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pelaku Usaha Koperasi dan UMKM dan non ASN di wilayah Kab.Luwu utara ini, yang dilaksanakan Rabu, 24/01/2024.

Sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenaga kerjaan, serta Peraturan Bupati Luwu Utara, Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenaga Kerjaan bagi Pegawai Non Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara.

Sosialisasi dibuka langsung oleh Kadis DP2KUKM dan DPMPTSP yaitu, Adjie Saputra, S.Sos. M.Si.
yang dilanjutkan dengan Penjelasan dari Dinas Ketenaga Kerjaan dan perwakilan dari Dinas PTSP. Luwu Utara.

Disampaikan bahwa peserta akan mendapat banyak manfaat jika mengikuti program ini, terutama Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Selama proses bekerja peserta akan dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan jika mengalami kecelakaan atau meninggal.

Keanggotaan BPJS ketenagakerjaan berlaku selama yang bersangkutan masih dalam ikatan kontrak kerja pada instansi yang mengikutsertakan dan akan secara otomatis diputus jika yang bersangkutan berhenti atau mengundurkan diri.

Selain itu ada pekerjaan mandiri juga bisa mengikuti produk yang ada dengan premi yang sedikit berbeda, seperti nelayan, perkebunan atau petani.

BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana dimaksud selain menyelenggarakan program JKK dan JKM juga ada program, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

Sosialisasi dihadiri oleh pelaku Usaha Koperasi  dan UMKM Luwu utara  dirangkaikan dengan penyerahan tunjangan kematian, Mansur selaku pelaku Usaha UMKM yang beralamatkan di Dusun Tondo Tua, secara simbolis yang diwakili oleh Kepala Desa Masamba, Pak Kisman. Lap. Mikson.