Program Kasowoha Pemkab Mubar Dapat Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan

oleh -4 membaca
oleh

MUBAR, Chaneltimur.comPemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) kembali menerima penghargaan prestisius dari BPJS ketenagakerjaan. Penghargaan itu digelar di Plaza BPJAMSOSTEK, Jakarta Selatan, Jumat (16/12/2023).

Penghargaan itu diberikan sebagai pengakuan atas capaian luar biasa Pemda Mubar dalam menerapkan program Universal Coverage Jamsostek, dengan cakupan lebih dari 95% di Wilayah tersebut.

Pj. Bupati Mubar, Dr. Bahri mengatakan, keberhasilan ini adalah buah dari program Kasowoha, inisiatif Pemkab yang telah berhasil mendaftarkan seluruh masyarakat Mubar pada BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan anggaran yang ditetapkan dalam perubahan APBD tahun 2023, program Kasowoha telah menjadi bentuk perlindungan jaminan sosial bagi 37.993 pekerja rentan di Kabupaten Muna Barat.

“Ini adalah bukti komitmen kita untuk melindungi setiap warga, khususnya mereka yang berada dalam usia kerja produktif, dengan perlindungan sosial yang paripurna,” katanya.

Penghargaan tersebut kata Dr. Bahri, bukan hanya tentang sebuah plakat atau seremonial, tetapi tentang pengakuan atas dedikasi dan kerja keras kita bersama.

“Ini adalah langkah maju dalam perjalanan kita menuju pembangunan yang inklusif serta berkelanjutan.” Sebut Dr. Bahri

Atas capaiyan tersebut Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kememdagri ini mengajak kepada seluruh elemen untuk bersama-sama dan terus bekerja demi masa depan Muna Barat yang lebih cerah dan sejahtera.

Diketahui, program “Kasowoha” ini diambil dari bahasa Muna yang berarti perlindungan. Artinya bahwa seluruh masyarakat kurang mampu di Mubar yang masuk usia produktif 15 hingga 60 tahun sudah masuk sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sebagai pekerja rentan dan mendapatkan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian

Reporter: Dedi