Polres Luwu Utara Kawal dan Amankan Aksi Damai Aliansi Mahasiswa Luwu Utara

oleh -20 membaca
oleh

Luwu Timur, Chaneltimur.com – Polres Luwu Utara turut serta dalam pengamanan Aksi Damai yang digelar oleh Aliansi Mahasiswa Luwu Utara (AMAL) pada hari Senin. Dalam upaya menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, Polres Luwu Utara telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan berlangsungnya aksi unjuk rasa tersebut dengan tertib dan tanpa gangguan yang berarti. Senin, (26/02/2024).

AKBP Muhammad Husni Ramli, S.I.K., M.H., M.Tr.Opsla, Kapolres Luwu Utara, menyatakan pentingnya kegiatan pengamanan ini dalam menjaga ketertiban masyarakat. Dengan kehadiran aparat kepolisian, diharapkan aksi unjuk rasa dapat berlangsung secara lancar dan aman bagi semua pihak yang terlibat.

Koordinator lapangan yang ditunjuk dalam kegiatan ini juga telah memainkan peran penting dalam mengawasi dan mengkoordinir jalannya aksi damai tersebut. Dengan koordinasi yang baik, pengamanan dapat dilakukan secara efisien sehingga tercipta lingkungan yang aman bagi para peserta aksi dan masyarakat sekitar.

Aksi Damai yang digelar oleh Aliansi Mahasiswa Luwu Utara Peduli Pemilu Damai berlangsung di Perempatan Tugu Masamba Affair Kelurahan Bone, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara. Aksi tersebut dihadiri oleh sekitar 15 orang massa yang dipimpin oleh Jendral Lapangan, Sdr. MUH. ELMI.

Massa aksi menyampaikan tuntutan mereka melalui berbagai alat peraga seperti pengeras suara, megaphone, dan spanduk berukuran 2×1. Dalam narasi aksi yang disampaikan melalui selebaran kertas putih A4, mereka menyatakan dukungan mereka terhadap KPU Luwu Utara dan menegaskan bahwa proses pemilu berjalan sesuai dengan aturan dan konstitusi yang berlaku.

Setelah melakukan orasi secara bergantian, massa aksi bergeser menuju Kantor KPU Kabupaten Luwu Utara dengan menggunakan kendaraan R2. Di sana, mereka diterima oleh Ketua KPU Luwu Utara, HAYU VANDI P, SE, beserta beberapa anggota KPU lainnya.

Dalam dialog antara massa aksi dan pihak KPU, Ketua KPU mengapresiasi aksi damai yang dilakukan oleh Aliansi Mahasiswa Luwu Utara dalam mengawal proses pemilu 2024. Dia juga memastikan bahwa tidak ada kecurangan dalam proses pemilu setelah dilakukan perbaikan pada saat rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Seluruh kegiatan penyampaian aspirasi tersebut berlangsung dengan aman dan tertib. Pengamanan dilakukan oleh personel Polres Luwu Utara dan Polsek Masamba sesuai dengan perintah Kapolres Luwu Utara. Pamka, Pamtup, dan Pam Lalin dilakukan oleh Personel Polres Luwu Utara Serta Polsek Masamba berdasarkan Surat Perintah Kapolres Luwu Utara Nomor: Sprin/102/IPAM.3.3./2024 yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Luwu Utara KOMPOL DARWIS, SE.,MH dan didampingi oleh beberapa anggota lainnya.

Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan tercipta suasana yang kondusif dan stabil di Kabupaten Luwu Utara. Polres Luwu Utara tetap siap dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mengawal berbagai kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat demi terciptanya situasi yang aman dan damai.

Lap. Mikson