Pemerintah Kabupaten Luwu Timur Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025

oleh -12 membaca
oleh
Luwu Timur, Chaneltimur.com –Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, melalui Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Luwu Timur Tahun 2025.

Musrenbang RKPD yang dipusatkan di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Kamis (21/03/2024) ini mengusung tema “Pemantapan Kualitas Pelayanan Publik, Kualitas Pertumbuhan Ekonomi, Dan Kualitas Ketahanan Desa”, dibuka oleh Gubernur Sulsel yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Dr. Ir. H. Muhammad Arafah.

Tampak hadir pada kesempatan ini, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulsel Kementerian Keuangan, Supendi, Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar A. Leluasa, unsur Forkopimda Lutim.

Hadir pula para Asisten dan Staf Ahli Pemkab Lutim, para Kepala OPD, para Instansi Vertikal/BUMN/BUMD, para Camat, para Kepala Desa, dan hadirin lainnya yang mengikuti kegiatan baik secara Offline maupun online (zoom).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Dr. Ir. H. Muhammad Arafah dalam sambutan Gubernur mengatakan, pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2025 sangat penting dalam raga sistim perencanaan daerah.

“Momentum ini dapat dimanfaatkan untuk menyamakan persepsi serta menyatukan pandangan berbagai hal menyangkut urusan pemerintahan dan juga pembangunan secara menyeluruh, sehingga program pembangunan daerah selalu searah dan selaras dengan pembangunan di tingkat provinsi dan nasional,” imbuhnya.

Secara khusus, mewakili Gubernur Sulsel, Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Luwu Timur dan seluruh pemangku kepentingan pembangunan atas segala dukungan, kontribusi dan sinergitasnya dalam menyelenggarakan pemerintahan.

“Program dan kegiatan yang telah kita rencanakan ini, yang semuanya bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta dapat mempercepat pelaksanaannya sehingga hasil kegiatan dan manfaat bisa dirasakan lebih cepat oleh masyarakat,” kata Muhammad Arafah menutup sambutan Gubernur Sulsel.

Sementara Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar menyampaikan bahwa, Musrenbang RKPD tahun 2025 ini adalah momentum penting, mengingat forum ini merupakan tahun perencanaan ke-4 perjalanan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Luwu Timur tahun 2021-2026.

“Oleh karenanya, kami berharap momentum ini hendaknya dapat kita jadikan sebagai landasan yang kuat dalam menyusun perencanaan pembangunan, tidak saja untuk rencana pembangunan jangka pendek, akan tetapi bagaimana kita bisa meletakkan dasar pembangunan yang kokoh dan berkelanjutan, serta bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Akbar menambahkan.

Selanjutnya, Wabup Akbar menyampaikan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang tinggi, kepada segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur, yang telah memberi dukungan atas terlaksananya pemerintahan dengan baik.

“Terima kasih juga terkhusus kepada jajaran Forkopimda atas kerjasamanya dan sinergitas yang diberikan terhadap jalannya pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Luwu Timur selama ini,” jelas Wabup Lutim.

Pembukaan Murenbang Kabupaten dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Luwu Timur Tahun 2025 ini ditutup dengan penandatangan berita acara dan dilanjutkan dengan pemaparan dari para narasumber.

Narasumber kegiatan ini ialah Imran Nur, S.IP., M.Si (perwakilan dari Bapelitbangda Sulsel), Drs. Dohri As’ari (Kepala Bapelitbangda Lutim), Jumarthi achmad, S.Pt, M.Si (perwakilan Badan Keuangan dan Aset Daerah Lutim), dan Muhammad Husri Harta Saham, SE. MM. (Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lutim). (rhj/ikp-humas/kominfo-sp)