Momentum Keberkahan: Rumah Tahfizh Qur’an dan Musollah di Bulukumba Mengadakan Kurban dengan 17 Ekor Hewan

oleh -53 membaca
oleh

Bulukumba, Chaneltimur.com – Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurb’an, sebanyak 17 ekor hewan qurban disembelih di Rumah Tahfizh Qur’an Desa Batukaropa dan Musollah Dusun Balangtieng Desa Bulolohe, Kabupaten Bulukumba. 29 Juni 2023.

Di Rumah Tahfizh Qur’an Desa Batukaropa, 17 ekor sapi dipersiapkan untuk kurban. Sapi-sapi tersebut dibagi menjadi 17 kelompok, dengan masing-masing kelompok terdiri dari 7 orang.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dipimpin oleh Ustad Ridho dan beberapa ustad lainnya.

Para panitia yang telah terbentuk sebelumnya turut mendampingi proses penyembelihan. Untuk mempermudah pembagian daging kurban, panitia telah menyediakan catatan kepada peserta sebanyak 600 Orang.

Sementara itu, di Musollah Dusun Balangtieng Desa Bulolohe, terdapat 3 ekor sapi yang menjadi hewan kurban.

Hewan-hewan kurban tersebut juga dibagi menjadi 3 kelompok. Masyarakat Dusun Balangtieng ikut serta dalam proses pemotongan hingga pembagian daging kurban berdasarkan kupon yang telah dibagikan sebelumnya sebanyak 155 kupon. sementara daging keseluruhan di perkiraan 230 kg juga telah di bagikan pada masyarakat yang hadir di lokasi.

Jumlah keseluruhan hewan kurban di Kabupaten Bulukumba mencapai 1.558 ekor, sebagaimana data yang dihimpun oleh Kementerian Agama (Kemenag) Bulukumba.

Angka tersebut mengalami peningkatan sebanyak 100 ekor jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 1.454 ekor.

Syukriadi, Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Bulukumba, menjelaskan bahwa dari jumlah tersebut, sebanyak 1.487 ekor merupakan sapi, sedangkan sisanya adalah 71 ekor kambing.

“Hewan-hewan kurban tersebut telah dicatatkan di masing-masing Kecamatan melalui Kantor Urusan Agama (KUA). Proses pencatatan dilakukan sejak memasuki bulan Zulhijjah, dan telah berlangsung selama satu minggu,” terangnya.

Selain itu, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, dan Wakil Bupati, Andi Edy Manaf, juga turut berkurban seperti tahun-tahun sebelumnya. Bupati Bulukumba berkurban dengan menyembelih 4 ekor hewan yang akan didistribusikan di Bulukumba dan Makassar, sementara Wakil Bupati berkurban dengan menyembelih 2 ekor sapi.

Meskipun terjadi perbedaan, di mana sebagian umat Islam telah melaksanakan Salat Idul Adha pada tanggal 28 Juni 2023, Rabu kemarin, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menjadwalkan pelaksanaan Salat Id di lapangan Pemuda Bulukumba pada hari Kamis, 29 Juni 2023.

Berikut adalah rincian jumlah hewan kurban per Kecamatan di Kabupaten Bulukumba:

Ujung Bulu: Terdapat 135 ekor sapi yang disiapkan untuk kurban.

Ujung Loe: Terdapat 102 ekor sapi dan 1 ekor kambing yang akan disembelih.

Bonto Bahari: Sebanyak 52 ekor sapi dan 10 ekor kambing telah dipersiapkan untuk kurban.

Bontotiro: Terdapat 200 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang akan dikurbankan

.Herlang: Sejumlah 56 ekor sapi dan 1 ekor kambing telah disiapkan untuk kurban.

Kajang: Ada 39 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang akan dijadikan kurban.

Bulukumpa: Terdapat 92 ekor sapi yang dipersiapkan untuk kurban.

Rilau Ale: Sebanyak 139 ekor sapi dan 40 ekor kambing telah disiapkan untuk proses kurban.

Gantarang: Terdapat 562 ekor sapi dan 13 ekor kambing yang akan disembelih untuk kurban.

Kindang: Sejumlah 110 ekor sapi siap dikurbankan.

Dengan demikian, total keseluruhan hewan kurban yang akan disembelih di Kabupaten Bulukumba adalah 1.487 ekor sapi dan 71 ekor kambing, dengan jumlah keseluruhan mencapai 1.558 ekor sapi dan kambing.

(Tajuddin)