Lahan Transmigrasi Desa Onepute Jaya, Kini Masuk Dalam Program Sertifikat PRONA

oleh -32 membaca
oleh

Morowali, Chaneltimur.com – Tahun 2024 beberapa desa di Kabupaten morowali yang akan menjadi sasaran program Proyek Nasional Agraria (Prona). Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kabupaten morowali siap memfasilitasi untuk pembuatan sertifikat tanah secara gratis melalui program (PRONA).

Terlihat beberapa aparat Desa Onepute Jaya yang  sangat sibuk memberikan pemaparan dan penjelasan kepada masyarakat terkait pembuatan sertifikat prona yang diadakan di balai desa onepute jaya, Kecamatan bungku timur kamis (23/5/2024).

Masyarakat desa onepute jaya yang sangat antusias dan ramai, berbondong-bondong mendatangi balai desa onepute jaya untuk mendaftar pengurusan sertifikat tanah mereka yang diadakan oleh pemerintah pusat, daerah dan bekerja sama dengan pemerintah Desa onepute jaya.

Adapun masyarakat desa onepute jaya yang datang ke balai desa tersebut, untuk pembuatan sertifikat tanah mereka yang selama ini mereka garap semenjak masuknya transmigrasi mulai dari tahun 1991 masuk dan mendapatkan beberapa lahan transmigrasi dari pemerintah pusat dan daerah.

Beberapa warga desa onepute jaya yang sempat di konfirmasi oleh awak media, mengatakan,  “Dengan adanya program prona ini, kami masyarakat merasa senang karena bisa kembali mengurus sertifikat lahan kami, yang seharusnya lahan kami itu sudah ada terbit sertifikatnya semenjak terbentuknya transmigrasi mulai tahun 1991-1994.

Selain itu juga masyarakat mengatakan, awalnya kami masuk transmigrasi di onepute jaya ini dari mulai tahap I tahun 1991 hingga sampai tahap III tahun 1993 yang berjumlah sebanyak 502 KK, namun  tidak semua warga transmigrasi mendapatkan sertifikat.

Adapun pemerintah terbitkan sertifikat pada tahun 1994 yang berjumlah 502 KK, itu juga tidak semua mendapatkan sertifikat hanya sebagian kecil saja yang mendapatkan. Bukan itu saja, sertifikat transmigrasi yang di terbitkan oleh pemerintah pada tahun 1994 nanti di serah terimakan kepada masyarakat transmigrasi pada tahun 2008 yang lalu setelah Desa Onepute jaya terbentuk dan defenitif menjadi satu Desa, ungkap salah satu warga transmigrasi onepute jaya sebut saja namanya KR.

Jadi dengan adanya program prona yang perdana diadakan oleh pemerintah di desa onepute jaya ini, masyarakat berharap kepada pemerintah pusat dan daerah, agar betul betul memperhatikan apa yang menjadi hak masyarakat dan apa yang menjadi kewajiban pemerintah kepada rakyat dan masyarakat nya.

Masyarakat hanya berharap kepada pemerintah pusat dan daerah, agar pembuatan sertifikat prona ini, betul betul berjalan dengan baik agar masyarakat bisah mendapatkan haknya jangan lagi seperti beberapa tahun yang telah lalu, sertifikat yang turun cuman beberapa orang saja yang dapat dan tidak merata ungkap’nya.

Pemerintah desa juga sudah memberikan pemaparan dan informasi kepada masyarakat tentang biaya untuk pembuatan sertifikat prona, sebelumnya pembuatan akta jual beli, pembelian materai dan lainnya, tetap ditanggung oleh peserta penerima manfaat program Prona,” terangnya saat memberikan sosialisasi program Prona kepada calon peserta program Prona di desa onepute jaya, Kecamatan bungku timur, kabupaten morowali kamis (23/5/2024).

Adapun tanah yang bisa diikutkan dalam program Prona, ungkapnya pemerintah, yaitu tanah pekarangan, sawah warisan yang sudah terdaftar serta tidak dalam sengketa. Sementara tanah kas desa dan tanah yang sudah bersertifikat tidak bisa didaftarkan masuk dalam program Prona.

Setelah berkas yang dibutuhkan sudah dipenuhi, oleh pemohon diminta memasang patok batas tanah dengan diketahui tetangga. Jika berkas sudah sampai di BPN dan dinyatakan memenuhi syarat, akan ada petugas pengukur tanah yang akan turun langsung, setelah itu pembuatan sertifikat tanah akan diproses dan di jadwalkan pembuatan sertifikat tanah secara keseluruhan sampai penyerahan kepada masyarakat terangnya.

“Muktar” selaku kepala Desa Onepute Jaya mengatakan kepada awak media, iya membenarkan bahwa dengan adanya program prona yang masuk di desa kami ini, kami selaku pemerintah desa dan masyarakat merasa sangat bersyukur dengan adanya program prona ini.

Sehingga sebagian masyarakat kami yang belum memiliki sertifikat, akan lebih mudah untuk mengurus dan mendapatkan sertifikat melalui program prona yang diadakan oleh pemerintah pusat dan daerah dan juga jumlah kuota yang diberikan oleh ATR/BPN kabupaten morowali untuk desa onepute jaya kecamatan bungku timur, di tahun 2024 ini sebanyak 500 sertifikat prona ungkap muktar selaku kepala desa onepute jaya didepan awak media.

(Rudy)