Komunitas Wartawan Se-Luwu Utara, Sulawesi Selatan akan Menggelar Musyawarah Besar Pertama

oleh -4 membaca
oleh

Luwu Utara, Chaneltimur.com – Dalam upaya untuk memperkuat solidaritas dan kolaborasi antara wartawan di Luwu Utara, Komunitas Wartawan Se-Luwu Utara Sulawesi Selatan atau lebih dikenal dengan singkatan Kawasan, akan mengadakan Musyawarah Besar (Mubes) pertamanya pada bulan Juni 2024.

Ibnu Mattangaran, seorang jurnalis dari lutra.inews.id yang menjadi salah satu penggagas terbentuknya Kawasan, menjelaskan bahwa tujuan utama dari pembentukan komunitas ini adalah untuk mempererat hubungan sesama jurnalis di Luwu Utara.
“Seiring berjalannya waktu, semakin banyak wartawan baru di Luwu Utara, maka kami merasa perlu menciptakan wadah untuk berbagi informasi tanpa ada batasan,” ujar Ibnu pada Sabtu (08/06/2024).

Selain itu, Ibnu juga menyampaikan bahwa dalam Mubes pertama nanti, akan dibentuk pengurus Kawasan untuk periode 2024 – 2026 serta merumuskan program kerja dua tahunan.

“Salah satu program kerja yang direncanakan adalah pelatihan jurnalistik dan pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan di Luwu Utara,” tambah Ibnu yang juga bertanggung jawab menyusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kawasan.

Setelah Mubes, rencananya akan dilakukan pelantikan pengurus sekaligus pendaftaran legalitas komunitas di kantor Kesbangpol Luwu Utara.

“Ibnu berharap agar para wartawan muda dapat memimpin komunitas ini dengan penuh tanggung jawab dan tetap mematuhi kode etik jurnalistik,” ungkapnya.

“Kami mengajak seluruh anggota untuk berekspresi, menjaga solidaritas dan martabat profesi jurnalis, bersama-sama kita siap mendukung dan membesarkan Kawasan,” tutupnya.

Terlihat bahwa sejumlah wartawan terkemuka di Luwu Utara, seperti Deddi Budiman, Darwis alias Pak Iyan, Putri Anggraeni, Aksan Hidayat, Mikson, Kaisar, Erwin, Ferson, dan beberapa lainnya, telah bergabung dalam Kawasan. Lap.Mikson