Ketua TP PKK Tomoni Timur Pantau Kegiatan Dashat di Empat Desa

oleh -13 membaca
oleh

Luwu Timur, Chaneltimur.com – Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan Tomoni Timur, drg.Elizabeth Murniati, Sp.KG bersama Camat Tomoni Timur melakukan pemantauan kegiatan Dashat pada empat Desa di wilayah kecamatan Tomoni Timur, Kamis (30/05/2024).

Kunjungan diawali di Desa Kertoraharjo, lalu desa Pattengko, terus ke desa Cendana hitam selanjutnya berakhir di desa Manunggal. Dalam kunjungannya ini, Ketua TP PKK mendapat penjelasan baik dari kader Posyandu maupun PLKB kecamatan Tomoni Timur.
Dashat adalah akronim dari “Dapur Sehat Atasi Stunting” yang merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas P2KB melalui PLKB bekerjasama dengan PKK kecamatan dan pemerintah Desa.
Tujuan utama dari Dashat adalah untuk mempercepat penurunan stunting di kampung keluarga berkualitas yakni Desa Kertoraharjo, Desa Pattengko, Desa Cendana hitam dan desa Manunggal.
Kegiatan Dashat rutin dilaksanakan setiap bulan disetiap desa dengan jumlah sasaran sebanyak 10 orang meliputi ibu hamil, ibu menyusui dan anak dibawa dua tahun dan balita.
Pada kegiatan Dashat ini, sejumlah menu sehat dengan asupan gizi seimbang disajikan kepada sasaran Dashat, sekaligus dipraktekkan cara mengolah makanan sehat dan bergizi oleh kader Posyandu sehingga nanti ibu hamil dan menyusui bisa membuat sendiri dirumah.
Di sela-sela kunjungan nya, ketua TP PKK , drg.Elizabeth Murniati,SP.KG mengapresiasi program Dashat ini untuk percepatan penurunan stunting yang sampai saat ini masih menjadi masalah serius yang harus ditangani.
“Semoga dengan program Dashat yang dilakukan setiap bulan, dapat menurunkan angka stunting di kabupaten Luwu Timur khususnya kecamatan Tomoni Timur,” tutup dokter Elizabeth. (Ikp-humas/kominfo-sp)