Jum’at bersih Lurah Siwa Giatkan Kerja Bakti dan Gotong Royong

oleh -5 membaca

Wajo, Chaneltimur.com – Pemerintah Kelurahan Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, di bawah nahkoda Hj Harisah Rukman terus berbenah dan berinovasi.

Sebagai salah satu upaya mengembalikan marwah Kelurahan Siwa sebagai Jantung, Hj Harisah Rukman yang baru menjabat 3 bulan ini kembali menghidupkan kegiatan gotong royong lewat Program Jumat Bersih.

Kegiatan Jumat Bersih ini melibatkan Sejumlah Anggota DPRD Wajo, Koramil 1406 -10, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Wahda Islamiya Pitumpanua, ASN lingkup kelurahan Siwa, Karang taruna, pejuang sampah Pitumpanua, kepala lingkungan se-kelurahan Siwa dan masyarakat Siwa.

Ia mengatakan, bahwa Program Jum’at bersih kali ini dipusatkan Poros Siwa -Makassar di Jalan Andi Djaja Siwa, yang merupakan eks lokasi lapak penjual buah yang sudah di bongkar para pemilik seminggu yang lalu.

“Dilokasi tersebut banyak sampah berserakan yang menyumbat drainase. Terlebih eks terminal ini sebelumnya ditempati para penjual buah yang berjualan menggunakan lapak sehingga kelihatan semberaut,” kata Ketua IKWI Kabupaten Wajo ini, Jumat 2 September 2023.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan gotong royong di Jalan Andi Jaja itu, juga untuk penataan kembali Kota Siwa. Mengingat lokasi yang pernah ditempati lapak buah itu juga merupakan eks terminal yang lokasinya berada tepat di depan ruko dan Jalan Poros Siwa – Palopo.

“Setelah ini kita bersihkan, nantinya lokasi ini akan kita tata dan jadikan ikon Kota Siwa. Terminal kembali difungsikan, sehingga tidak ada lagi mobil parkir di bahu jalan yang kerap mengganggu arus lalu lintas di Jalan Trans Sulawesi ini,” ujarnya.

Tidak itu saja, kata Hj Harisah, di area tersebut para penjual buah yang sebelumnya mendirikan lapak di sepanjang jalan mulai hari ini ( jumat 2/9/23) tidak diizinkan lagi berjualan atau mendirikan lapak.

“Jadi rencananya, di sini kita akan jadikan RTH. Dimana nanti ada ikon kota berupa tulisan nama Kota Siwa yang dihiasi lampu hias dan kita bangunkan halte sebagai tempat duduk dan nongkrong,” terangnya.

Atas rencana tersebut, selaku Pemerintah Kelurahan Siwa, Hj Harisah Rukman meminta kerjasama semua pihak demi kemajuan daerah, khususnya Kelurahan Siwa agar bisa menjadi ikon Wajo bagian utara.

Diapun berharap, kedepannya tidak akan ada lagi muncul lapak lapak liar dengan menggunakan area Terminal Siwa yang memang dari dulu disiapkan untuk mobil penumpang.

” Kami akan pasang papan bicara, di area ini,” kata Hj Harisah.

Sementara itu, salah satu warga, Sudirman, mengaku sangat mendukung langkah Pemerintah Kelurahan Siwa, yang membuka lapak buah yang selama ini dia nilai merusak keindahan kota.

“Dulu ikon Kota Siwa seperti kota semrawut, seperti kota yang tidak terurus. Alhamdulillah mulai kita benahi Sekarang, Siwa sebagai jantung kota serasa muncul kembali marwahnya setelah beberapa lama terbelenggu karena adanya tenda-tenda lapak penjual buah,” sebutnya. (**)

Editor : HS. Agus”/ Rusli Iyung Sary