Jadi Inspektur Upacara Bupati Wajo Bacakan Amanat Presiden Joko Widodo Pada Upacara Hari Lahir Pancasila

oleh -5 membaca

Chaneltimur.com, Wajo – Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Kabupaten Wajo digelar secara meriah di Lapangan Kantor Bupati, Kamis (1/6/2023).

Bupati Wajo, Amran Mahmud yang menjadi Inspektur Upacara dengan mengenakan Pakaian Adat. Begitupun para undangan yang turut hadir seperti Wakil Bupati, Amran, Ketua DPRD Kabupaten Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna Sekretaris Daerah, Armayani, Para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala OPD bersama jajaran, serta undangan lainnya turut menggunakan pakaian adat. Sementara Jajaran Forkopimda dengan pakaian kebesaran masing-masing dan Pimpinan BUMN menyesuaikan. Adapun peserta upacara jadi TNI, Polri dan OPD.

Amran Mahmud yang membacakan Amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber segala Sumber Hukum Negara.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai bintang penuntun (Leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian Negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” ucap Amran Mahmud.
Keberadaan Pancasila, lanjut Amran Mahmud merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan Negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerjasama, dan saling menghormati.

“Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar Negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Ketua DPD PAN Wajo ini menyebut bahwa para pendiri Negara (the founding fathers) telah berhasil mengidentifikasi kepribadian Bangsa Indonesia yang kemudian dirumuskan dalam suatu pandangan hidup yaitu Pancasila.

“Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalamasi disorientasi di masa depan,” ucapnya.

Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, Amran Mahmud mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.
“Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotic, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tuturnya.

“Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat teroobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya. ( Rusli Iyung Sary Dahliah)