Hari Pers Nasional, Suaib Mansur Apresiasi Insan PERS di Luwu Utara

oleh -27 membaca

Chaneltimur.Com, Luwu Utara –Terkait Hari Pers Nasional yang jatuh pada, 09/02/2023, Wakil Bupati Suaib Mansur berbagi tanggapannya terhadap peranan insan pers terutama di Luwu Utara. Menurutnya, Pers sebagai pilar keempat demokrasi diharapkan untuk senantiasa menjadi independensi sebagai pihak yang bebas dan tentunya bertanggung jawab.

“Kita tahu bahwa pers adalah pilar keempat demokrasi yang kita anut di negara ini. Pers bisa dikatakan adalah lidah rakyat yang akan konsisten dalam menyampaikan bukan hanya peristiwa apa yang sedang terjadi di negara ini atau spesifik lagi di daerah kita, namun penting untuk menjaga integritas pers sebagai pihak yang merdeka, bebas dan pastinya bertanggung jawab. Menurut saya pers di Luwu Utara sudah menunjukkan hal ini,” jelas SM

Lebih lanjut, orang nomor dua di Luwu Utara ini berpendapat dengan kemajuan tekhnologi informasi melalui portal online atau media social adalah kesempatan bagi insan pers untuk menyebarkan informasi yang valid sesuai dengan fakta dan tidak menggiring opini.
“Saya rasa urusan informasi palsu atau hoax ini bukan hanya isu utama di Indonesia tapi hampir di seluruh dunia. Juga di Luwu Utara. Sering kali kita dapati informasi yang bias validasinya namun sudah viral, meresahkan dan merugikan pihak tertentu. Ini adalah tantangan memang bagi teman-teman pers bagaimana memanfaatkan teknologi informasi menyebarkan berita yang valid sesuai kenyataan yang ada dilapangan, disajikan sesuai dengan porsinya tanpa menyisipkan pendapat sepihak yang bisa menggiring opini tertentu. Saya kira harapan kita adalah berita yang tersaji adalah berita yang actual bukannya hanya sekedar terkini,” harapnya.

Terakhir, SM berharap pers di Luwu Utara dapat benar-benar Merdeka dalam menyampaikan informasi dan berita sehingga pelaksanaan demokrasi menjelang tahun pemilihan umum serentak tahun depan benar-benar bermartabat.
“Saya dan semua pihak tentunya dengan Tema Pers Merdeka, Demokrasi Bermatabat ini benar-benar dijalankan dan dapat diimplementasi baik oleh insan pers dan pihak yang berkepentingan dalam kebebasan pers di Tanah Air dan utamanya di daerah kita ini. Mengingat tahun depan kita akan menghadapi pemilihan umum serentak, semoga insan pers kita semakin kokoh dan teguh menjadi pilar demokrasi yang merdeka, bebas dan bertanggung jawab,
Pers adalah lidah rakyat juga lidah pemerintah, fakta yang valid lebih utama dari sekedar terkini, karena integritas dan martabat tidak dibangun dua kali, selamat hari pers 9 Februari 2023, pers merdeka, Demokrasi bermartabat” tutupnya. Lap. (Asr).