Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(DPMD) Melakukan Orientasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se-Kabupaten Luwu Utara

oleh -48 membaca
oleh

Luwu Utara, Chaneltimur.com – 

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat menghadiri pembukaan orientasi peningkatan fungsi dan tugas BPD se-Kabupaten Luwu Utara yang dilaksanakan di hotel Bukit Indah pada Hari Rabu Tgl 13 -12-2023.

Bupati, Indah Putri Indriani saat menghadiri pembukaan orientasi peningkatan fungsi dan tugas Badan Permusyawaratan (BPD) se-Kabupaten Luwu Utara dan Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Indah Putri Indriani, bertempat di Hotel Bukit Indah, dengan mengharapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengikuti orientasi lebih produktif, handal serta profesional kata Indah.

Mengawali sambutann Bupati Luwu Utara menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini, untuk peningkatan kapasitas BPD dalam menjalankan manajemen desa.

Lebih lanjut, orientasi itu juga bertujuan meningkatkan inovasi yang sesuai regulasi diperlukan dalam pembangunan, baik pemberian pelayanan kepada masyarakat, maupun dalam melaksanakan pembangunan fisik yang dibutuhkan masyarakat.

Bupati juga menginginkan anggota BPD merupakan SDM yang produktif, handal serta profesional dan memiliki kapasitas dalam menjalankan peran dan fungsinya di desa yang pada akhirnya mewujudkan masyarakat yang Makmur, Unggul dan Dinamis (MUDA). Masih Kata Indah

“Kepada seluruh peserta orientasi, selamat mengikuti kegiatan ini, semoga ilmu yang diperoleh dari narasumber bermanfaat sebagai upaya kita bersama meningkatkan kualitas dalam peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat,” Tandas Bupati.

Dalam orientasi itu turut dihadiri Kepala Dinas PMD Akram Riza . Beserta Jajarannya Dan kepala Inspektorat, Muhtar Jaya, Camat Rongkong Sopian.beserta jajaran, Ketua PABPDSI Kab Luwu Utara.

Para Pembakal se Kabupaten Luwu Utara, serta peserta seluruh Ketua FK-BPD Kabupaten, Kecamatan dan Ketua BPD .

Sementara itu, Kepala Bidang DPMD, Ibu Fatimah, bersama Jajarannya, selaku panitia penyelenggara melaporkan tujuan pelatihan untuk mempertegas peran BPD dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa, mendorong BPD agar mampu menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, serta mendorong BPD dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik di desa.

“Pelaksanaan selama 2(Dua) hari, mulai dari Rabu tanggal 13 – 14 Desember 2023, tempat dihotel Bukit Indah Luwu Utara, dengan jumlah peserta seluruh Ketua FK-BPD dan Ketua BPD Masing diambil 3 per kecamatan sebanyak 45 orang.

Menghadirkan narasumber dari Dinas PMD dan Inspektorat sebagai tenaga ahli.
Pelatihan ini diselenggarakan dengan kegiatan pemaparan teori dan diskusi serta evaluasi,” Tutupnya.

Lap Mikson.