Bupati Luwu Timur Pimpin Rombongan Bawa Bantuan Korban Banjir di Kabupaten Luwu

oleh -16 membaca
oleh

LUTIM, Chaneltimur.com Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kembali menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap kondisi daerah tetangga yang terkena musibah banjir dan tanah longsor di Kabupaten Luwu beberapa waktu lalu.

Kepedulian tersebut ditunjukkan kala Bupati Luwu Timur, H. Budiman memimpin langsung rombongan bersama unsur Forkopimda Lutim dengan membawa bantuan kemanusiaan untuk disalurkan langsung kepada korban bencana alam di Kabupaten Luwu.
Rombongan berangkat dengan berbagai jenis bantuan, termasuk makanan, air bersih, pakaian layak pakai, selimut, popok, alat pembersih, susu kaleng, kopi, dan kebutuhan dasar lainnya yang sangat mendesak dan dibutuhkan para korban. Selain itu, juga ada 3 jenis alat berat milik PT. Vale untuk dipergunakan di Luwu dalam rangka membuka akses akibat tanah longsor.
Kedatangan Bupati dan rombongan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Luwu Timur disambut hangat oleh Pj. Bupati Luwu, H. Muhammad Saleh bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu dan tim relawan, di Posko Induk yang terletak di Lapangan Andi Jemma, Kota Belopa, Sabtu (11/05/2024).
“Alhamdulillah hari ini kita berada di Kabupaten Luwu membawa bantuan bersama Forkopimda dan PT. Vale Indonesia, kita tiba dengan rombongan besar dengan bantuan yang besar,” ujar Budiman saat dikonfirmasi.
Hari ini, kata Bupati, PT. Vale juga membawa beberapa alat beratnya dan ini merupakan bagian dari upaya bagaimana akses bisa terhubung dan arus barang dan jasa bisa cepat sehingga tanggap darurat bisa segera selesai.
“Terima kasih kepada Forkopimda Lutim dan PT. Vale dan seluruh yang terlibat atas upaya bersama dalam rangka aksi kemanusiaan ini, mudah-mudahan kita terhindar dari bala dan bencana,” imbuhnya.
“Terima kasih juga kepada bapak Pj. Bupati Luwu atas kesediaannya menerima kami dengan bapak Kapolres dan Ketua Pengadilan Negeri, mudah-mudahan alat berat ini dimanfaatkan dengan baik, dan akses ke Latimojong bisa segera dilalui agar bantuan juga bisa cepat masuk ke lokasi yang terdampak,” terang Bupati Luwu Timur.
Sementara Pj. Bupati Luwu, H. Muhammad Saleh mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat Luwu memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, unsur Forkopimda Lutim dan jajaran Pemda Lutim, management PT. Vale, atas bantuan kemanusiaan dan alat beratnya.
“Insha Allah bantuan yang bapak bawa ini sangat bisa membantu kami untuk bisa keluar dari krisis yang terjadi akibat bencana banjir dan longsor,” tuturnya.
“Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Luwu dalam proses percepatan pemulihan pasca bencana banjir dan tanah longsor. Sekali lagi terima kasih bapak Bupati dan jajaran, semoga membawa keberkahan,” tandas Pj. Bupati Luwu.
Kunjungan langsung Bupati dan Forkopimda Lutim ini menjadi bukti nyata dari solidaritas antar daerah dalam menghadapi musibah bencana alam dan menjalin kerjasama untuk membantu sesama dalam situasi darurat.
Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, diharapkan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan PT. Vale dapat memberikan manfaat yang nyata bagi korban banjir di Kabupaten Luwu dan membantu memulihkan kondisi mereka pasca-musibah.
Usai menyerahkan bantuan, rombongan Bupati Luwu Timur bertolak menuju lokasi Dapur Umum untuk mengecek sekaligus menyapa warga terdampak banjir yang terletak di Desa Botta, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu. Di lokasi ini, Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty yang juga selaku Bunda PAUD Lutim berkesempatan menghibur dan memberikan motivasi kepada anak-anak korban banjir.
Selain unsur Forkopimda Lutim, tampak hadir Sekda Lutim, H. Bahri Suli dan seluruh jajaran Pemkab Lutim, Pengurus TP PKK Lutim, Ketua DWP Lutim, Hj. Masrah Bahri Suli beserta pengurus, dan para relawan dan donatur. (rhj/ikp-humas/kominfo-sp)