Bupati Luwu Timur Hadiri Syukuran Pesta Panen Desa Matompi

oleh -7 membaca
LUTIM, Chaneltimur.com Bupati Luwu Timur, H. Budiman menghadiri Syukuran Pesta Panen di Sanggar Tani Desa Matompi, Kecamatan Towuti, Kamis, (14/12/2023).
Kegiatan tersebut sebagai ungkapan rasa syukur para petani di Desa Matompi yang telah menghasilkan panen padi yang melimpah.
Dalam sambutannya, Bupati H. Budiman menyampaikan ucapan rasa syukur dan apresiasi atas panen raya padi warga desa Matompi sebagai bagian dari kontribusi nyata para petani dalam peningkatan produksi dan produktivitas padi di Kab. Luwu Timur.
“Alhamdulillah hasil panen padi di Desa Matompi telah mencapai sekitar 7 hingga 9 ton padi perhektar yang sebelumnya hanya berada di kisaran 4 ton perhektar.
Hal tersebut merupakan pencapaian yang perlu kita jaga dan akan kita tingkatkan hasilnya di masa mendatang. Seperti di kec. Wotu yang mencapai hasil panen padi 11 ton perhektar pada musim lalu merupakan inovasi yang perlu ditiru dan diajarkan tekniknya kepada petani-petani di kecamatan lain agar standar hasil panen padi bertambah dan wawasan para petani juga akan semakin luas,” ungkapnya.
Bupati juga menyampaikan bahwa anggaran desa saat ini telah mencapai 300 milyar lebih untuk kebutuhan desa secara keseluruhan di Kab. Luwu Timur. Di Tahun 2023 telah disalurkan bantuan Handsprayer, Peningkatan jalan usaha tani, bantuan mesin dari dinas perikanan serta bantuan bibit ikan untuk Desa Matompi dan desa lainnya. Dan pada tahun 2024 akan disalurkan bantuan embung, bantuan ternak sapi, bantuan benih unggul serta masih banyak lagi bantuan yang akan diberikan kepada kelompok-kelompok tani yang membutuhkan. Insha Allah seluruh kebijakan-kebijakan yang telah kita rencanakan kedepan akan kita penuhi secara bersama-sama.
Bupati Budiman berharap agar kegiatan hari ini selain sebagai ungkapan rasa syukur juga sebagai bagian dari persatuan dan kolaborasi memajukan kesejahteraan masyarakat di Luwu Timur dan di desa Matompi pada khususnya.
“Bersyukur tandanya makmur, sebab syukur mampu menambah nikmat yang sedikit dan membuatnya menjadi nikmat yang besar menjadi berlipat ganda,” tandasnya.
Selain Bupati, turut hadir Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin, Anggota DPRD, Ober Datte, Ketua Pengadilan Negeri Malili, Hika Deriyansi Asril Putra,  Kadis Pertanian, Amrullah, Kadis Perikanan, Alimuddin Nasir, Camat Towuti, Saenal, Kepala Desa Matompi, Rustam, Unsur Tripika Desa, Kepala Puskesmas Timampu, Pengurus BPD, Ketua TP PKK Kecamatan dan desa, Aparat desa Matompi, Para penyuluh dan anggota Gapoktan, Para Kepala Dusun, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh wanita dan pemuda, para undangan serta warga Desa Matompi. (ul/prokopim/ikp-humas/kominfo-sp)