Bupati Andi Utta Luncurkan Rumah Singgah Sementara, ODGJ Terlantar

oleh -13 membaca

Bulukumba, Chaneltimur.com Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf meluncurkan Rumah Singgah Sementara, ODGJ Terlantar di pusat emergency Publik Safety Center (PSC), Selasa, 10 Oktober 2023. Peluncuran tersebut, ditandai dengan pengguntingan pita.

Bupati yang akrab disapa Andi Utta, menjelaskan bahwa rumah singgah yang berada di posko PSC ini menjadi salah satu alternatif solusi dalam menangani orang yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ) yang terlantar dari luar daerah.

Dikatakan tentu tidak ada orang yang menginginkan anggota keluarganya mengalami gangguan jiwa. Namun karena adanya berbagai faktor, sehingga keluarga tersebut harus menerima dengan pasrah jika ada anggota keluarganya yang mengalami ODGJ.

“Berbicara tentang ODGJ, maka tentu kita berbicara tentang kemanusiaan dan kepedulian kita sesama manusia oleh karena kesehatan jiwa adalah hak asasi manusia yang harus dihormati oleh semua pihak, tanpa pengecualian,” kata Andi Utta.

Olehnya, pemerintah harus hadir dalam menangani permasalahan ODGJ ini dengan menghadirkan rumah singgah sementara ODGJ secara terpadu.

Rumah Singgah ini, katanya, akan menjadi tempat berlindung dan dukungan bagi mereka yang memerlukan bantuan dalam perjalanan pemulihan kesehatannya.

“Rumah Singgah ini juga diharapkan dapat memberikan perawatan yang layak, dan lingkungan yang aman bagi ODGJ,” jelasnya.

Sementara itu, sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulukumba dr. Muhammad Amrullah menerangkan bahwa adanya rumah singgah sementara bagi ODGJ diinisiasi oleh Bagian Kesra Pemkab Bulukumba.

Inisiatif itu, katanya, dengan melibatkan seluruh stakeholder, sehingga terbentuklah Tim Kolaborasi Penanganan ODGJ meliputi Dinkes, Dinsos, Disdukcapil, Kodim, Polres, Satpol PP, BPJS Kesehatan, Baznas, Relawan Mandiri dan Perhimpunan Disabilitas.

“Dari beberapa rapat yang dilaksanakan, maka dihasilkan suatu formulasi dengan menghadirkan Rumah Singgah ODGJ Terlantar ini,” jelas Amrullah.

Amrullah berharap dengan adanya rumah singgah ini, ke depan diharapkan tak ada lagi ODGJ yang terlantar yang mengganggu masyarakat maupun mengganggu ketertiban umum.

“Ini karena Pemerintah Kabupaten Bulukumba telah hadir dalam penanggulangannya,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan peluncuran Rumah Singgah ODGJ, Ketua TP PKK Bulukumba Andi Herfida Muchtar, Ketua Baznas, H. Kamaruddin Hambali, Kepala Dinas Dukcapil, Dedi Rahmadi dan para camat se Kabupaten Bulukumba. (Hj.Hasmi)