Amran Mahmud menghadiri wisuda Mahasiswa Institut Ilmu Hukum dan Ilmu Ekonomi Lamaddukkelleng

oleh -6 membaca

Wajo, Chanel Timur.com Bupati Wajo, Amran Mahmud menghadiri Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Sarjana Institut Ilmu Hukum dan Ilmu Ekonomi Lamaddukkelleng Angkatan ke II tahun 2024 di Ruang Pola Kantor Bupati, Ahad (06/01/2024).

Wisuda 81 mahasiswa Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukkelleng tersebut juga di hadiri Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara, Dr. Andi Lukman, Forkopimda, Ketua Yayasan Pengembangan Sumber Daya Insani, Rektor Institut Maddukkelleng, Prof Siardin Andi Djemma dan undangan yang hadir.

Bupati Wajo, Amran Mahmud mengungkapkan bahwa wisuda wisuda Sarjana Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukkelleng tahun 2024 ini merupakan yang kedua setelah berubah status menjadi Institut.

Amran Mahmud mengapresiasi Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukkelleng yang selama ini sudah banyak memberikan kontribusi mencetak sumber daya insani yang alumninya tersebar baik di dalam maupun di luar Bumi Lamaddukkelleng ini.

Salah-satunya, kata dia, melalui pendampingan dan pembinaan Institut Lamaddukkelleng serta kolaborasi dengan Pemkab Wajo kepada Bumdes Waetuwo, sehingga Desa Waetuwo meraih terbaik 1 desa Wisata tingkat nasional.

“Masih banyak potensi di Wajo yang bisa dikembangkan. Saya harapkan Institut Lamaddukkelleng mengambil peran dalam pengembangan SDA di Bumi Lamaddukkelleng. Sehingga, selain meningkatkan perekonomian juga bisa membuka lapangan pekerjaan. Pemkab mensuport Institut Lamaddukkelleng menjadi kampus interpreneur,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Amran Mahmud juga menyampaikan apresiasi kepada orang tua mahasiswa yang terus memberi suport dan dukungan kepada anaknya untuk melanjutkan pendidikannya.

“Warisan yang paling utama untuk anak anak kita adalah ilmu pengetahuan. Kalau ilmu pengetahuan akan mencetak sumber Daya Manusia (SDM) langsung bersentuhan dengan masyarakat maupun bisa mencetak wirausaha baru,” ungkapnya.

“Saya juga ucapkan selamat kepada civitas akademika Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukkelleng yang diwisuda hari, diharapkan ilmu yang didapat selama menempuh pendidikan dapat di aplikasikan di tengah-tenga masyarakat, khususnya di daerah asal masing-masing,” tambahnya.

Sementara Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara, Andi Lukman menyampaikan bahwa semakin hari memang Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukkelleng memperlihatkan prestasinya.

“Tentunya hal ini harus dirawat, dijaga dan dikembangkan. Kami menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan sinergitasnya semua di Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukkelleng bisa melakukan langka-langkah terbaik dan strategis sehingga bisa melahirkan SDM yang hebat khusunya di bidang hukum dan ekonomi,” ucapnya.

Dikatakannya, hal-hal dasar yang perlu diperhatikan dalam pengembangan perguruan tinggi, yang pertama harus taat asas, kemudian kedua mengembangkan tata kelola dan ketiga, akuntabilitas dan transparansi.

Perguruan Tinggi sekarang ini, lanjut Andi Lukman, punya beban berat, pasalnya di kebijakan Merdeka belajar, Perguruan Tinggi diharapkan tidak meluluskan saja tetapi harus bertanggungjawab kepada lulusan. Bahkan harus mengantarkan lulusan ke dunia kerja.

“Makanya pemerintah memberikan kesempatan melalui merdeka belajar untuk mengatur sehingga memang lulusan ini dapat cepat bekerja, kalau tidak cepat bekerja dapat meningkatkan pendidikannya, kalaupun tidak dapat meningkatkan pendidikannya, dia harus berwirausaha,” pungkasnya.

( Rusli iyung sari )