Upacara HUT Kemerdekaan, Tunjukan Laju Pembangunan Infrastruktur Bulukumba

oleh -23 membaca
oleh

Bulukumba, Chaneltimur.com – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 tahun tingkat Kabupaten Bulukumba yang dipusatkan di Lapangan Pemuda Bulukumba, disebut sebagai peristiwa yang lebih istimewa dari tahun-tahun sebelumnya.

Menandai momen bersejarah ini, Lapangan Pemuda Bulukumba telah mengalami sentuhan peremajaan signifikan setelah tribun lapangan direnovasi oleh Pemkab Bulukumba di bawah kepemimpinan Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf.

Tampilan tribun Lapangan Pemuda pasca direnovasi memberikan kesan yang lebih megah dan bersemangat bagi warga Bulukumba.

Upacara ini juga memiliki arti yang mendalam karena pasca renovasi untuk kali pertama lapangan tersebut digunakan upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dimana para Paskibra mengibarkan bendera Sang Merah Putih.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Muh. Ali Saleng menyatakan bahwa suasana Lapangan Pemuda yang baru ini adalah bukti nyata komitmen Bupati Bulukumba dalam membangun tempat yang nyaman dan bermakna bagi seluruh warga Bulukumba.

“Kami merasakan betul bagaimana perbedaan melaksanakan upacara di Lapangan Pemuda sebelum dan setelah direnovasi. Dan hari ini suasana upacara HUT Kemerdekaan dengan kondisi tribun seperti saat ini sangatlah istimewa,” kata Ali Saleng, Kamis, 17 Agustus 2023.

Ia menambahkan bahwa peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini memiliki makna yang mendalam berkat kerjasama berbagai elemen dalam menjadikan peringatan ini sebagai momen yang tidak terlupakan.

“Saya rasa peringatan HUT RI ke-78 di Bulukumba tahun ini (2023) sangatlah berkesan. Setelah sebelumnya kita dipilih sebagai tuan rumah Gerakan Pembagian Bendera, kita juga melihat bagaimana antusias dan partisipasi masyarakat yang begitu besar dalam menyambut hari kemerdekaan ini,” ungkap Ali Saleng.

Kesan positif juga datang dari Zulkifli Saiyye selaku Anggota DPRD Bulukumba dari Partai PDIP. Menurutnya peringatan HUT RI yang ke-78 tahun di Kabupaten Bulukumba sangat berkesan di tengah pembangunan infrastruktur yang begitu pesat.

“Saya selaku anggota DPRD Bulukumba, turut bangga karena di momen kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun ini kita di Kabupaten Bulukumba betul-betul menyaksikan pembangunan khususnya infrastruktur fisik yang begitu pesat dari Bupati Bulukumba,” ucap Zulkifli.

Senada disampaikan Sekda, Upacara bendera di Lapangan Pemuda Bulukumba menuntut Zulkifli terasa spesial karena tampilan Tribun Lapangan Pemuda yang baru kemudian di sebelahnya juga terdapat pembangunan Gedung Satap tahap II yang sebentar lagi rampung.

“Dengan infrastruktur yang dibangun oleh Pak Bupati Andi MuchtarAliYusuf, kita merasakan betul di usia Indonesia yang ke-78 tahun ini Kabupaten Bulukumba juga ada peningkatan,” ujarnya.

Zulkifli menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemkab Bulukumba yang telah bekerja maksimal dalam memajukan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bulukumba.

Selain itu, Zulkifli juga memberikan apresiasi khusus kepada Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf yang telah berupaya menghadirkan kegiatan nasional puncak pembagian 10 Juta Bendera di Kabupaten Bulukumba.

“Saya selaku warga Bulukumba tentu turut bangga karena Pak Bupati telah menghadirkan langsung Pak Mendagri di acara Puncak Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera di Kabupaten Bulukumba. Saya yakin pasca kegiatan itu Kabupaten Bulukumba akan bergerak maju,” tukasnya.

Diketahui, Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 di Lapangan Pemuda dihadiri oleh para pejabat daerah, para veteran, tokoh masyarakat, pengurus Parpol, pelajar, dan masyarakat umum.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara Wakil Ketua DPRD Bulukumba, H Patudangi didaulat membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Semangat nasionalisme dan patriotisme terpancar jelas dalam suasana upacara yang penuh haru itu. Tidak hanya mengenang perjuangan para pahlawan, namun peringatan ini juga menjadi cermin semangat bersama untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Momen ini memupuk semangat persatuan dan kesatuan, serta mengingatkan kita semua akan arti penting kemerdekaan dan tanggung jawab kita dalam menjaga dan memajukan bangsa khususnya Kabupaten Bulukumba.

Lap. Hj.Hasmiati