Tim Cath-Lab RSUD Sawerigading Palopo melaksanakan kunjungan ke RSUD I Lagaligo

oleh -4 membaca
oleh

Luwu Timur, Chaneltimur.com – Tim Cath-Lab RSUD Sawerigading Palopo melaksanakan kunjungan ke RSUD I Lagaligo yang di rangka sosialisasi salah satu layanan unggulan yaitu pelayanan Cath-Lab, Senin, (22/1/2024)

Kunjungan tersebut diterima baik oleh Kepala BAUK, Baso Simun, SKM beserta Kabid. Pelayanan Medik dan Keperawatan : Suhelmi Daras, S.Si, Apt, M.Kes, KaSi Pelayanan Medik : Ns. Abd. Aziz, S.Kep dan KaSi Keperawatan dan Kebidanan : Punarti, SKM, M.Tr.Adm.Kes.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan kerjasama yang telah terjalin selama ini semakin erat antara RSUD I Lagaligo dan RSUD Sawerigading dalam penyedia layanan kesehatan kepada masyarakat di Tana Luwu.

“Kami menyambut baik berbagai upaya peningkatan layanan kesehatan yang dilakukan manajemen RS Sawerigading Palopo. Dengan adanya peningkatan layanan ini berikut sosialisasinya kiranya dapat mengirimkan pesan ke masyarakat luwu timur khususnya akan informasi adanya layanan baru yang dapat di peroleh di Palopo yang selama ini hanya dapat di peroleh di kota Makassar,” ucap Baso Simun.

Sosialisasi tersebut di hadiri langsung Direktur Utama RSUD Sawerigading Palopo, dr. Rismayanti Amran Tandjung, Sp. PA mendampingi dr spesialis Jantung dan Pembuluh, dr. Purwati Pole Rio, Sp.JP (K).,FIHA, KaBag Bina Program Humas dan Hukum, Bunaiya, SKM, M.Tr.Adm.Kes dan Ns. Desi Ariati, S.Kep sebagai perawat cath-lab.

Cath-Lab atau Laboratorium Kateterisasi Jantung ini merupakan layanan tindakan medis diagnostik invasif menggunakan sinar X yang berfungsi untuk mendeteksi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung/ koroner. Selain untuk melihat kasus penyakit jantung dan pembuluh darah, Cath Lab juga digunakan dalam penanganan kasus penyakit saraf seperti stroke maupun kasus radiologi dan onkologi.
Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki Cath-Lab RSUD Sawerigading Palopo, turut mendukung para Dokter Spesialis Jantung untuk dapat mengetahui jenis tindakan yang sesuai bagi pasien, baik berupa tindakan pemasangan ring jantung, intervensi dengan balon atau tindakan operasi bypass.

dr. Purwati Pole Rio menuturkan, “Diharapkan dengan dibukanya layanan Cath-Lab yang merupakan salah satu fasilitas unggulan di Rumah Sakit Sawerigading, masyarakat dapat merasakan manfaat dan keunggulan alat tersebut sebagai alat diagnostik sekaligus terapi pada kelainan jantung dan pembuluh darah.”

Lebih lanjut, beliau menambahkan, “Dengan diluncurkannya layanan Cath-Lab, RSUD Sawerigading Palopo berharap dapat mengoptimalkan pelayanan terbaik bagi pasien-pasien dengan kasus jantung. Selain itu, RSUD Sawerigading Palopo juga akan turut berperan serta dalam menekan angka kematian akibat penyakit jantung koroner yang menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia maupun di dunia. RSUD Sawerigading Palopo siap menjadi rumah sakit layanan rujukan bagi jejaring FKTP dan rumah sakit lainnya di area Tana Luwu dan sekitarnya untuk berbagai kasus, terutama yang berkaitan dengan neuro kardiovaskular.”

Di akhir sosialisasi di laksanakan foto bersama antara Tim Cath-Lab dan Manajemen RSUD I Lagaligo.

(Redaksi)