Terima Aspirasi Hari Tani Nasional, Bupati Andi Utta Beri Solusi Begini

oleh -18 membaca
oleh

Bulukumba, Chaneltimur.com Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf menyampaikan harapan kepada peserta aksi massa yang menyampaikan aspirasi dalam rangka Peringatan Hari Tani Nasional ke 63 di Kantor Bupati Bulukumba, Senin 25 September 2023.

Andi Utta sapaan akrabnya menyampaikan beberapa hal yaitu, pemerintah daerah akan membantu memfasilitasi penyelesaian permasalahan di masyarakat sepanjang sesuai dengan kewenangan yang dimiliki pemerintah daerah. Masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum termasuk penyerobotan kawasan hutan lindung dan Tahura, dan bagi merasa memiliki alas hak dalam area hak guna usaha PT. Lonsum dapat menempuh jalur hukum untuk mendapatkan kepastian hukum.

Saat menerima aspirasi masyarakat, Bupati Andi Utta didampingi beberapa pejabat diantaranya Sekretaris Daerah Ali Saleng, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Ahmad Arfan, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Thayeb Maningkasi, dan Kepala Bagian Pemerintahan Amin Sulaiman.

Sebelumnya koordinator aksi lapangan Awal, menyampaikan tuntutan rakyat di seluruh Indonesia dan secara khusus di Bulukumba. Beberapa tuntutan meliputi sektor yakni tani, buruh nelayan, pemuda, perempuan dan sektor lainnya.

Dalam tuntutannya peserta aksi meminta pemerintah menjalankan reformasi agraria, jaminan sosial, kesehatan gratis, pendidikan gratis bagi anak petani miskin, nelayan miskin dan masyarakat miskin di perkotaan, pembentukan tim terpadu pengawasan ilegal fishing, serta beberapa tuntutan lainnya, termasuk HGU Lonsum. (Fahmi)