Sukmawati Suaib Minta Panwascam dan PKD Utamakan Pencegahan Indikasi Pelanggaran di Masa Kampanye

oleh -12 membaca

Malili, Chaneltimur.com Dalam rangka mengoptimalkan pengawasan di masa kampanye, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Luwu Timur Sukmawati Suaib meminta Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan Desa agar lebih mengutamakan pencegahan dibanding melakukan penindakan terhadap indikasi terjadinya dugaan pelanggaran Pemilu.

“Saya minta kepada Panwaslu Kecamatan dan Kelurahan Desa agar tidak ragu melakukan pencegahan jika menemukan indikasi dugaan pelanggaran yang dilakukan peserta kampanye atau orang-orang yang dilarang terlibat dalam kegiatan kampanye,”tegasnya.

“Kita berharap agar Pemilu ini berkualitas dan bermartabat. Olehnya itu seluruh jajaran Pengawas harus memaksimalkan pengawasan dan pencegahan dibanding penindakan terhadap dugaan pelanggaran,”ucapnya dalam kegiatan Pengawasan Masa Kampanye yang digelar di Hotel I Lagaligo pada 4-5 Desember 2023.

“Utamakan melakukan pengawasan berbasis regulasi. Jangan arogan, utamakan kehati-hatian dalam bertindak dan jangan melampaui kewenangan dari yang diberikan oleh Undang-Undang serta lakukan koordinasi secara berjenjang,”tambahnya menegaskan.

Terakhir, Sukmawati berpesan agar dalam bertugas, Panwaslu Kecamatan senantiasa menjaga marwah lembaga.

“Kita sudah dilantik dan disumpah untuk bekerja demi negara. Jangan gadaikan integritas dan netralitas sebagai Pengawas Pemilu,”pesannya. (Redaksi)