Suaib Mansur Serahkan bantuan Korban Banjir Malangke Barat

oleh -56 membaca
oleh

Chaneltinur.Com, Luwu Utara –Penanganan darurat lintas perangkat daerah dibutuhkan untuk menangani banjir luapan Sungai Rongkong yang menggenangi Dusun Urukumpang, Cenning, Malangke Barat. Ini diungkapkan Suaib Mansur saat menyambangi warga penyintas di tenda pengungsian, Jumat (27/01/2023) siang.
“Saya minta BPBD untuk segera lakukan koordinasi dengan perangkat daerah terkait agar segera mengambil langkah penanganan darurat yang dibutuhkan,” tegas Wakil Bupati Lutra ini.

Didampingi Sekretaris BPBD Hermansyah, pria yang akrab disapa SM ini juga menyerahkan bantuan logistik berupa perlengkapan tidur dan makanan siap saji.
“Kejadian ini adalah musibah. Dari identifikasi awal yang kita ketahui ini akibat tanggul jebol karena debit air Sungai Rongkong yang naik karena curah hujan yang tinggi dan merata hampir di seluruh wilayah kita,” terang mantan Kadis PU ini.

Sebagai informasi, banjir luapan Sungai rongkong ini terjadi pada Jumat (27/01/2023) tepatnya sekitar pukul 06.00 WITA. Dengan ketinggian genangan air yang mencapai 100 cm memaksa 140 KK memilih mengungsi.
“Tentu kami selaku pemerintah daerah akan melakukan perbaikan pada titik tanggul yang jebol. Dan Bantuan yang kami berikan ini kami harapkan sedikit banyak bisa meringankan beban yang kita rasakan,” tutup SM

Sementara, dari hasil kaji cepat yang dilakukan TRC PB BPBD Luwu Utara menyebutkan banjir ini terjadi akibat tanggul Sungai Rongkong yang jebol akibat debit air sungai yang naik disebabkan intensitas curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi hampir merata di wilayah Kabupaten Luwu Utara selama minggu ke-3 Januari 2023.

Diketahui, selain Hermansyah, Wakil Bupati Suaib Mansur juga di dampingi Korlap Posko Siaga Darurat PB, pihak Kecamatan Malangke Barat dan pihak Desa Cenning serta unsur TNI/Polri. (Asril)