RSUD I Lagaligo Serah Terima Mahasiswa PBK Stikes Batara Guru

oleh -6 membaca

Luwu Timur, Chaneltimur.com – RSUD I Lagaligo melalui Kabid Penelitian dan Pengembangan SDM, Hajar Nur, S.Si, Apt, M.Kes menerima mahasiswa peserta Program Praktek Belajar Klinik (PBK) STIKES BATARA GURU yang di wakili oleh Ketua Unit Penjamin Mutu (UPM), Ermawati Uki, S.Kep, Ns, M.Kep, Sp. Kep. An, Senin, (15/1/2024).

Peserta PBK terdiri dari 42 mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan dan 25 mahasiswa Program Studi D3 Kebidanan yang akan di tempatkan di 8 ruang pelayanan.

Ermawati mengatakan, kegiatan PBL merupakan kegiatan regular yang dilakukan setiap tahun yang harus dijalankan karena menyangkut peningkatan kompetensi mahasiswa serta lulusanya nanti.

“Program PBK ini merupakan salah satu upaya STIKES Batara Guru dalam memberikan pengalaman klinik kepada peserta didik dimana konsep teori yang sudah di dapatkan di kampus di implementasikan secara langsung di lapangan” ucap Ermawati.

Kami juga memberikan pesan kepada mahasiswa bahwa selama kegiatan ini harus menjaga etika dan sopan santun baik kepada seluruh petugas RS terlebih kepada pasien dan keluarga pasien.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada RSUD I Lagaligo yang telah menerima kehadiran STIKES Batara Guru untuk kegiatan PBK, mudah mudahan ilmu yang di dapatkan nantinya menjadi sebuah keberkahan.

Sementara itu Kabid Penelitian dan Pengembangan SDM, Hajar Nur sangat menyambut baik program ini. Ia mengharapkan selama kegiatan PBK ini aturan yang sudah menjadi standar di RS agar di patuhi dan dilaksanakan.

“RSUD I Lagaligo telah terakreditasi Paripurna (bintang 5) dari KARS sehingga seluruh unit yang ada di RS wajib melaksanakan pelayanan ke pasien sesuai standar yang telah di tetapkan” ucap Hajar Nur.

Pada kegiatan ini hadir juga Koordinator PBK, Ns. Adrian Sali, S.Kep, M.Kes dan Parti, S.ST, M.Keb selaku CI Institusi.

Sebelum kegiatan Orientasi Ruangan dilakukan Orientasi Standar Pelayanan yang meliputi materi Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) oleh Ns. Norma, Hak Pasien dan Keluarga (HPK) oleh Ns. Evi, Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) oleh Ns. Candra, Pelayanan Kefarmasian dan Pelayanan Obat (PKPO) oleh Apt. Rahman, S.Far. dan di tutup dengan materi Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) oleh Ns. Sartika

Hadir juga pada acara ini Pihak RS : Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan Sistem Layanan (Y. Siahaya, S.Kep, M.Tr.Adm.Kes), KaRu IGD (Ns. Putu Arthawan, S.Kep), CI Poli Kandungan (Bid. Nona, S.Tr. Keb), CI ICU ( Ns. Evi Lampang, S.Kep, M.Kep), CI NICU/Perinatologi (Ns. Normawati, S.Kep, M.Kep), CI Kamar Bersalin (Bid. Anni, S.Keb), CI Anak (Ns. Wahyuni, S.Kep), serta CI Neuro (Ns. Nurhaeda, S.Kep).

(Redaksi)