Ratusan Polisi Bulukumba Terlibat Pengamanan di Bulan Suci Ramadhan

oleh -32 membaca
oleh

Chaneltimur.Com, Bulukumba – Jajaran Polres Bulukumba Polda Sulsel, menggelar kegiatan pengamanan dalam rangka menjaga kondusifitas keamanan dan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan nyaman serta kondusif pada bulan Ramadhan, di Kabupaten Bulukumba.

Kabag Ops Polres Bulukumba KOMPOL Ridwan Saenong SH.,MH menyampaikan bahwa kegiatan pengamanan ini dilaksanakan mulai pada hari pertama ramadhan hingga 20 April 2023 mendatang dengan melibatkan 266 dari personel gabungan fungsi Polres Bulukumba.

“Alhamdulillah, kegiatan pengamanan tersebut, sudah berjalan, mulai pada malam pertama ramadhan hingga saat ini, dan insyaAllah akan dilaksanakan hingga 20 April mendatang.” Ucap Kabag Ops. Selasa (28/3/2023)

Kabag Ops menerangkan bahwa Tim pengamanan yang melibatkan 266 personel ini, terdiri dari tiga Tim, yakni Tim pengamanan Sholat Tarwih, Tim Cipta Kondisi (Cipkon) pencegahan Balapan liar (Bali), dan Tim Comanderwis yang melakukan pengaturan arus lalulintas pada sore hari.

Lebih lanjut Kabag Ops menjelaskan bahwa tugas dari ketiga tim tersebut yakni, pertama Tim yang terlibat pengamanan sholat Tarwih melaksanakan pengamanan, penjagaan dan membantu menyeberangkan para jamaah serta pengaturan arus lalulintas di masjid-masjid hingga selesai pelaksanaan sholat Tarwih.

Selanjutnya kedua Tim Cipkon, atau pencegahan aksi Balap liar (Bali) dimulai pada pagi setelah sholat subuh, sore menjelang buka puasa dan malam hari setelah tarwih, guna mencegah dan membubarkan aksi balap liar, sekaligus stanby dibeberapa titik yang biasa digunakan oleh sekolompok remaja balapan liar.

Sedangkan Tim ketiga, yakni Tim Comanderwis melaksanakan pengaturan arus lalulintas di sejumlah titik didalam wilayah kota Bulukumba dalam rangka mencegah terjadinya kemacetan pada sore hari hingga menjelang buka puasa yang disebabkan padatnya kendaraan masyarakat yang beraktivitas membeli takjil atau ngabuburit.

“Jadi kami membagi tiga Tim,
pertama Tim pengamanan Sholat Tarwih, kedua tim Cipkon pencegahan Balapan liar (Bali) dan Tim ketiga yakni pengaturan arus untuk mencegah kemacetan, yang nantinya para personel yang terlibat akan bertugas sesuai dengan ploting masing-masing.” Terang Kabag Ops

Kabag Ops menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pelayanan Polri, yang bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah sholat tarwih, sehingga para jamaah merasa tenang dan khusyu’ saat beribadah karena kehadiran Polisi diluar Masjid.

Selain itu tujuan dari pencegahan aksi balap liar ini, sebagai bentuk kepedulian dan upaya kami (Polri) untuk menyelamatkan para generasi muda kita agar tidak menjadi korban sia-sia dari aksi balapan ini yang tentunya dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Mewakili Kapolres Bulukumba AKBP Ardyansyah S.IK.,M.Si, Kabag Ops Polres Bulukumba, mengimbau kepada masyarakat Bulukumba dan semua pihak, untuk berperan aktif menjaga dan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif dengan mencegah dan tidak terlibat pada aksi yang dapat mengganggu ketertiban umum khususnya di bulan suci Ramadhan ini.

Serta meminta kepada seluruh orang tua agar mengontrol dan mengawasi pergaulan anak-anaknya, agar tidak terlibat atau ikut-ikutan pada aksi tindak kejahatan, seperti perang kelompok, miras, busur, narkotika, bermain petasan dan balap liar, yang sangat meresahkan masyarakat dan dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

“Mari bersama ciptakan ketenangan dan mari menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban di Kabupaten Bulukumba, sehingga seluruh rangkaian ibadah dapat berjalan dengan baik selama Bulan Suci Ramadhan ini.” Tutup Kabag Ops KOMPOL Ridwan Saenong. Lap.  (Tajuddin)