Puskesmas Mangkutana Gelar Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di SDN 147 Wonorejo

oleh -18 membaca
oleh

Luwu Timur, Chaneltimur.com – Puskesmas Mangkutana menggelar rangkaian kegiatan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia yang bertempat di SDN 147 Wonorejo kecamatan Mangkutana, kamis (18/01/2024)

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi para murid sejak usia dini,

Dalam seremoni pembukaan, kepala Sekolah, menekankan pentingnya cuci tangan sebagai tindakan preventif utama dalam menjaga kesehatan.

“Dalam Kampanye Sekolah Sehat, aktivitas Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) berada di wilayah sehat fisik. Aktivitas ini sangat penting untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit, khususnya untuk warga sekolah,” ujarnya,

Irma SKM . Petugas Sanitasi lingkungan Pkm Mangkutana menambahkan, CTPS adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun, agar menjadi bersih dan memutus mata rantai kuman.

“Gerakan ini sangat sederhana, tapi perlu dibudayakan, dan tentu saja mengandung banyak manfaat, khususnya guna memastikan kesehatan para murid dan warga sekolah lain untuk mencapai visi besar pendidikan yang berkualitas,” ucapnya.

Kegiatan yang mencakup ratusan murid di SDN 147 Wonorejo ini mencakup beragam aktivitas yang edukatif dan interaktif. Diawali dengan seremoni cap tangan dan dilanjutkan mencuci tangan pakai sabun bersama sebagai bentuk komitmen Kemendikbudristek melalui Kampanye Sekolah Sehat untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang bersih dan sehat.

Pertama dari diri kita sendiri (orang tua), karena anak adalah peniru ulung dan menyerap apa yang ada di sekitar. Jadi, perilaku kita adalah role model bagi anak,” Tutup Irma

Lap. MS