PKM Mangkutana Gelar Pembinaan UKS dan Penyuluhan Kesehatan di Sekolah

oleh -16 membaca

Luwu Timur, Chaneltimur.com – Puskesmas Mangkutana gelar penyuluhan kepada siswa dan siswi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD 158 Balaikembang, Kamis (1/02/2024)

Dalam kegiatan di hadiri tiga narasumber dari PKM Mangkutana, Nuridah (Promosi Kesehatan), Herlinda (Perawat Gigi) dan
Resky Marselino P. ( Promosi Kesehatan)

Menurut Resky Maslrselino P penyuluhan dilakukan untuk menghindarkan siswa dari berbagai penyakit yang biasa datang pada musim yang tidak menentu tersebut, untuk itu perlunya menjaga kesehatan dan kebersihan, kerena banyak penyakit yang biasa berdatangan akan menganggu aktivitas semangat belajar siswa.

“Siswa perlu menjaga kesehatan, tidak saja di lingkungan sekolah, tetapi juga di lingkungan rumah, dan ruangan kelas” Ujar Resky

Herlinda menambahkan, Tak kalah penting adalah kebersihan yang menyangkut diri pribadi, seperti: badan, pakaian, dan mengontrol makanan.

Menanggapi Hal tersebut, Nuridah selaku Promosi Kesehatan, mengatakan penyakit diakibatkan ulah manusia itu sendiri, seperti membiarkan sampah berserakan yang banyak mengundang lalat, akhirnya bisa sakit perut, tidak dapat beraktifitas maksimal hingga sampai ke rumah sakit.

”Menjaga kebersihan penting dan kesehatan itu mahal harganya, lebih baik menjaga kesehatan daripada mengobati penyakit,” ujarnya.

Penyuluhan ini diharapkan agar murid paham akan pentingnya Menjaga kebersihan.

Lap. MS.