Peringati HUT RI Ke-78, Polres Jeneponto Tanam Bibit Pohon Mangrove

oleh -17 membaca
oleh

Jeneponto, Chaneltimur.com – Polres Jeneponto Polda Sulsel menggelar kegiatan kepedulian terhadap lingkungan yakni kegiatan penanaman pohon dengan tema “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini”. Tema ini diusung sebagai wujud nyata dari komitmen Polri dalam menjaga dan melestarikan lingkungan serta mewariskan keberlanjutannya kepada generasi mendatang.

Penanaman pohon yang dilakukan Polres Jeneponto ini berlokasi di Kawasan Wisata Mangrove di Lingkungan Tanrusampe Kel Monro-Monro Kec Binamu Kabupaten Jeneponto. Rabu (23/8/2023).

Kapolres Jeneponto AKBP Andi Erma Suryono, SH,.SIK mengatakan bahwa program penanaman pohon merupakan program yang sangat baik dan menginspirasi karena mengenai lingkungan yang terus harus dijaga kelestariannya, membebaskan lingkungan dari segala bentuk polusi sehingga bisa menjadi warisan bagi anak cucu kelak.

“Penanaman pohon ini adalah program yang cukup bagus untuk lingkungan, penanaman pohon bukan hanya dalam wilayah Kec Binamu namun seluruh polsek jajaran juga ikut melakukan penghijauan hari ini,” ujar mantan Kasubbag Desgraf Ro Mulmed Div Humas Polri

Lanjut menurut AKBP Andi dimasa isu pemanasan global,perubahan iklim, banjir dan erosi akibat rusaknya ekosistem, penanaman pohon juga dapat berfungsi dalam mencegah banjir dan longsor saat musim hujan dan mencegah kekeringan saat musim kemarau apalagi wilayah pinggiran.

“Pohon berperan penting dalam kehidupan dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global. manfaatnya sangat berbesar dari pohon adalah menghasilkan oksigen yang dibutuhkan seluruh makhluk hidup,” ujarnya.

Dalam kegiatan penanaman bibit pohon mangrove dihadiri beberapa PJU Polres Jeneponto juga Kapolsek Binamu, Ketua Bhayangkari Cabang Jeneponto Ny.Elli Andi beserta pengurus Bhayangkari cabang Jeneponto dan beberapa unsur pemerintahan setempat yakni Lurah Panaikang Andika,SE, Lurah Monro-monro Ir. Sutan Syarif,ST juga Babinsa Serda Suryadi serta beberapa unsur kepemudaan dan masyarakatsekitarnya (*)