Pemdes Lestari Gelar Acara Tudang Sipulung

oleh -5 membaca
oleh

Luwu Timur, Chaneltimur.com – Dalam upaya untuk meningkatkan hasil panen padi dan memajukan sektor pertanian, Pemerintah Desa Lestari bersama para petani di Desa Lestari menggelar acara tradisional “Tudang Sipulung” Selasa (11/6/2024).

Acara yang diadakan di pelataran penjemuran padi warga Desa Lestari ini dihadiri oleh Kepala Desa, BPP Tomoni, BPD Lestari, puluhan petani, dan tokoh masyarakat.

Tudang Sipulung, yang merupakan tradisi berkumpulnya para petani untuk berdiskusi terkait dengan jadwal tanam dan berbagi pengetahuan, menjadi momen penting untuk saling tukar informasi mengenai teknik bercocok tanam, pengelolaan lahan, dan penggunaan teknologi pertanian terbaru.

Kepala Desa Lestari (Suharno), menyampaikan bahwa acara ini diharapkan dapat menjadi sarana efektif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi padi di desa mereka.

“Kita semua tahu bahwa pertanian adalah tulang punggung perekonomian di Desa Lestari. Melalui Tudang Sipulung ini, kita dapat bersama-sama menemukan solusi atas tantangan yang kita hadapi, seperti serangan hama dan perubahan iklim,” ujar Suharno.

Dengan adanya acara seperti Tudang Sipulung ini, diharapkan para petani Desa Lestari dapat terus berinovasi dan bekerja sama untuk menghadapi tantangan pertanian di masa depan. Dukungan dari pemerintah dan penyuluh pertanian juga sangat diharapkan agar sektor pertanian padi di desa ini semakin berkembang dan sejahtera.

Lap. Ms