Panen padi di demoplot Sahabat BIOWIN digelar bersama Pemda Luwu Timur

oleh -33 membaca

Luwu Timur, Chaneltimur.com PT. Mandiri Palmera Agrindo melalui program Sahabat BIOWIN yang berada di Desa Patengko, Kec. Tomoni Timur, Kab. Luwu Timur menggelar panen raya, Senin, 27/11/2023.

Acara tersebut dihadiri oleh Kadis Pertanian, Bapak Amrullah yang sekaligus mewakili Bupati Luwu Timur, jajaran direksi PT. Mandiri palmera agrindo, Kapolsek Tomoni Timur, Camat Tomoni Timur, Koordinator BPP Tomoni Timur, Kades Patengko dan Sahabat-sahabat Biowin.

Dalam sambutannya Fredericus D Matorbongs selaku direktur utama PT. Mandiri Palmera Agrindo menyampaikan, bahwa PT. MPA tidak hanya berfokus kepada pengolahan TBS, namun juga mengembangkan produk turunan dari TBS. Dengan mengolah limbah sawit menjadi pupuk organik yang diberi nama BIOWIN.

“Produk ini dikembangkan sejak tahun 2020, menjadi salah satu pupuk lokal yang mampu menjadi inspirasi daerah ini. Dimana bahan baku, tenaga kerja dan produksinya semua berasal dan dikelola di Luwu Timur. Lanjutnya, Biowin tidak hanya menyasar tanaman padi, tetapi semua jenis tanaman pertanian dan perkebunan. Bahkan untuk tanaman kakao dan kelapa sawit, kami telah bekerjasama dengan PT. MARS dan PT. La Tundrung,” kata Fredericus D Maturbongs, dirut PT. MPA, Senin (27/11/2023).

Sementara Kadis Pertanian dalam sambutannya mewakili Bupati Luwu Timur, menyampaikan terima kasih kepada PT. MPA karena terus membuat terobosan-terobosan yang sangat membantu pemerintah daerah dalam menekan biaya produksi dan meningkatkan produktifitas pertanian.

“Tentunya ini sangat bersinergi dengan program pertanian berkelanjutan dan program pertanian organik yang saat ini sementara dijalankan oleh Bupati Luwu Timur. Bapak Amrullah pun tak lupa menyampaikan permohonan maaf dari Bapak Bupati kepada para petani dan jajaran PT. MPA karena tidak berkesempatan hadir di kegiatan ini. Sebelum menutup sambutannya, Pak Kadis pertanian menyarankan kepada penyuluh-penyuluh pertanian untuk terus mengaplikasikan produk-produk organik, salah satunya BIOWIN ini. Untuk menjaga kualitas pertanian dan untuk menjaga lingkungan.”

Adapun pernyataan dari salah satu Sahabat Biowin, Bapak Andreas, menyatakan sangat bersyukur dengan adanya pupuk Biowin.
Sejak pertama kali menggunakan pupuk ini, september 2022, kualitas lahannya makin baik dan biaya pupuknya pun makin berkurang. Atas dasar itu, saya berani mengajak petani lain untuk beralih menggunakan pupuk Biowin.
“Terimakasih PT. MPA, dengan adanya Biowin itu sangat membantu petani, khususnya petani Luwu Timur, tutupnya. Lap. As