Momentum HKN ke 59, Bupati Andi Utta Resmikan RSUD Pratama Tanete

oleh -10 membaca
oleh

Bulukumba, Chaneltimur.com – Pemerintah Kabupaten Bulukumba melaksanakan acara Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 tahun 2023.

Momentum HKN ini dirangkaikan dengan peresmian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Tanete yang terletak Kelurahan Tanete Kecamatan Bulukumpa, Senin 27 November 2023.

Puncak peringatan HKN diawali tari dan senam kreasi yang dipersembahkan oleh tiga ratusan tenaga kesehatan Bulukumba yang dilanjutkan dengan defile dari seluruh fasilitas kesehatan baik puskesmas maupun dari klinik swasta.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf didampingi Wakil Bupati Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dr. HM Ishak Iskandar bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Kadis Kesehatan Provinsi dr Ishak Iskandar menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati Bulukumba yang telah menghadirkan rumah sakit Pratama yang memiliki lokasi dan bangunan yang luas dan bagus.

“Kita berharap kehadiran rumah sakit ini memberi manfaat kepada masyarakat, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bulukumba,” pintanya.

Andi Utta sapaan akrab bupati mengemukakan pilihan lokasi pembangunan rumah sakit Pratama Tanete adalah idenya saat awal menjabat Bupati Bulukumba. Sebelum rumah sakit ini direncanakan dibangun di lokasi Puskesmas Tanete.

“Kita bersyukur dan berbahagia oleh karena pada momentum HKN ini, kita meresmikan operasional Rumah Sakit Pratama Tanete, yang artinya pelayanan rumah sakit ini sudah dimulai digunakan untuk memberikan layanan Kesehatan kepada masyarakat Bulukumba,” ungkapnya.

Dikatakan Rumah Sakit ini adalah rumah sakit Pratama atau type D pertama di Bulukumba, sehingga ke depan pihaknya juga kembali mendorong terbangun Rumah Sakit Pratama di wilayah timur Bulukumba, tepatnya di Kecamatan Bontobahari.

“Dengan adanya rumah sakit Pratama sebagai penopang. Maka diharapkan pasien-pasien dari pelosok desa tidak menumpuk di RSUD H. Andi Sulthan Dg Radja Bulukumba,” ungkapnya.

Usai pengguntingan pita, dipandu oleh plt Kadis Kesehatan dr. Rizal Ridwan Dappi, Bupati Andi Utta dan rombongan mengecek satu persatu fasilitas rumah sakit di masing masing ruangan, diantaranya ruang bedah, ruang bersalin, ruang bedah dan ruang penunjang lainnya.

Diketahui peringatan Hari Kesehatan Nasional jatuh setiap tanggal 12 November, namun puncak HKN baru dilaksanakan setelah sebelumnya digelar berbagai kegiatan dan lomba dalam rangka menyemarakkan HKN ke 59 tahun 2023.

Turut hadir dalam acara puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional dan peresmian rumah sakit Pratama Tanete antara lain, Wakil Bupati Andi Edy Manaf, Kajari Bulukumba Cahyadi Sabri, Sekda Ali Saleng dan Ketua TP PKK Andi Herfida Muchtar. (Hj.Hasmi)