Kapolres Baru Menuju Bulukumba: Misi Bersih-Bersih di Tanah Aktivis

oleh -70 membaca
oleh

Bulukumba, Cheneltimur.com – Berkas selamat datang menggema di Kabupaten Bulukumba saat seorang Kapolres baru akan segera mengemban tugasnya. Namun, kedatangan Kapolres tersebut tidaklah biasa, karena di tengah hangatnya sambutan, ia juga dihadapkan pada ultimatum yang tegas dari salah satu aktivis terkemuka di wilayah tersebut.

Ranggi, seorang aktivis pemberani yang juga dikenal sebagai jebolan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), memberikan sambutan yang menarik perhatian dalam momen bersejarah ini.

Dalam kata-kata hangatnya, Ranggi menegaskan perlunya komitmen bersih-bersih bagi Kapolres baru saat menginjakkan kaki di tanah Kabupaten Bulukumba.

“Misi utama Kapolres baru haruslah menjadi agen perubahan dalam membersihkan masalah-masalah kompleks yang telah mengakar di tengah masyarakat kita,” ujar Ranggi, Sabtu (23/7/2023).

Salah satu isu yang menjadi sorotan utama adalah praktik sabung ayam yang dianggap sebagai sebuah tradisi namun menyimpan polemik tersendiri.

Ranggi dengan tegas menyatakan bahwa penanganan masalah ini harus menjadi prioritas utama bagi Kapolres baru.

Ia menyinggung upaya penindakan yang mengendap hingga saat ini tanpa ada tindak lanjut yang memadai, menunjukkan urgensi penegakan hukum yang lebih efektif.

Bukan hanya masalah sabung ayam, Ranggi juga memperhatikan dampak lingkungan akibat aktivitas pertambangan galian C yang meresahkan masyarakat setempat.

“Kita harus mendengar keluhan masyarakat dengan serius, terutama mengenai dampak lingkungan yang dapat menghancurkan sektor pertanian kita,” tambahnya dengan rasa prihatin.

Belum lagi, keprihatinan atas kelengkapan izin usaha yang belum transparan menjadi perhatian utama bagi aktivis berjiwa sosial ini.

Ia berharap agar Pemerintah Daerah dan Polres Bulukumba dapat bersinergi untuk menyelesaikan berbagai polemik tersebut dengan bijaksana dan melibatkan masyarakat sebagai bagian dari solusi.

Perjuangan Ranggi dan aktivis lainnya mencerminkan semangat dan kesadaran kolektif untuk menciptakan Bulukumba yang lebih baik.

“Kapolres baru dipercayakan dengan tugas berat untuk menjaga nama baik institusi kepolisian dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan daerah ini,” tegasnya.

Ia berharap Kapolres baru dapat membawa angin segar dalam menghadapi tantangan dan bersinergi dengan berbagai pihak demi mewujudkan wilayah yang aman, damai, dan penuh kesejahteraan.

“Semua mata pasti tertuju pada Kapolres baru yang siap melangkah dan menerangi tanah aktivis di Kabupaten Bulukumba,” tukasnya. (Tajuddin)