Kades Se’kecamatan Rampi Studi Tiru Di Desa Baloli, Kec Masamba, Kab Luwu Utara

oleh -10 membaca
oleh

Luwu Utara, Chaneltimur.com – Rombongan pemerintah desa se’Kecamatan Rampi, tiba di Kantor Desa Baloli disambut baik oleh Camat Masamba, Rabu 21/2/2024.

Camat Masamba, A.Yasir Pasande dan Kepala Desa Baloli, Solihin serta aparat desa, BPD, pengelolah BUMDes dan para undangan.

A.Yasir Pasande, katakan bahwa ini pertama kalinya dalam sejarah di Luwu Utara, bahwa ada pemerintah desa satu kecamatan melakukan studi tiru ke Desa lainnya di wilayah Kabupaten Luwu Utara.

“Patut diapresiasi, ini sejarah baru bagi pemerintah kita, bahwa saudara kita pemerintah desa se-kecamatan rampi mau melakukan studi tiru ke desa yang lainnya yang mana masih dalam satu wilayah kabupaten Luwu Utara,” tutur A.Yasir Pasande.

Tentu menurut A. Yasir bahwa dengan melakukan studi tiru ke desa Baloli dapat dipastikan bahwa desa Baloli dianggap menjadi pilot project setiap manajemen dalam menatata pembangunan di desa bagi saudara-saudara kita pemdes se-kecamatan Rampi.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Rampi, Sabang Pasolong mewakili Camat Rampi mengatakan studi tiru ini dilaksanakan untuk menggali ilmu dan saling sharing terkait manajemen pembangunan di Desa Baloli.

“Salah satunya yakni terkait percepatan penyusunan APBDes TA.2024, dimana sebelumnya desa Baloli selalu tercepat dalam melakukan penyusunan APBDes diantara seluruh desa yang ada di Kabupaten Luwu Utara,” ungkap Sabang.

Lanjut ia katakan bahwa selain percepatan penyusunan APBDes, pengelolaan dan pengembangan Parawisata, pengembangan SDM serta pengembangan BUMDes juga menjadi bahan studi tiru bagi pemerintah desa se-Kecamatan Rampi.

Disisi lain Kepala Desa Baloli, Solihin berharap dengan adanya studi tiru ini, teman-teman pemerintah desa se-Kecamatan Rampi mendapatkan inspirasi dan pengetahuan yang berharga untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas Desanya masing-masing.

“Intinya bahwa studi tiru ini juga berpotensi untuk memberikan dampak positif pada kemitraan antara Pemdes, BPD maupun BUMDes, serta dapat membantu memperkuat kerjasama dan kolaborasi dalam pengelolaan dan pengembangan di desa masing-masing,” kuncinya.

Untuk diketahui, rombongan Pemdes se-Kecamatan Rampi yang mengikuti studi tiru ini , antara lain rombongan Pemdes Leboni, Sulaku Onondowa, Dodolo, Desa Bangko (Rampi) dan pemdes Tedeboe.

Lap. Almarwan