Jalan Opu Daeng Risadju, SM: Semogah Membangkitkan Rasa Nasionalisme Generasi Mudah

oleh -18 membaca

SulSel, Chaneltimur.com – Diresmikan langsung oleh Wali Kota Makassar Ir Moh. Ramdhan Pomanto, Selasa, (21/8), Jalan Cenderawasi, Kota Makassar resmi berubah nama menjadi Jalan Opu Daeng Risadju.

Peresemian dihadiri keturunan dari Opu Daeng Risadju, Kedatuan Luwu juga Bupati Luwu, Wali Kota Palopo, Wakil Bupati Luwu Utara, KKLR Sulsel serta Ratusan mahasiswa dan Wija To Luwu juga hadir.

Dalam sambutannya Walikota Makassar Dani Pomanto mengatakan bahwa Opu Dg Risadju adalah pahlawan nasional perempuan sehingga pergantian nama ini mewakili kaum pejuang perempuan dari Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur menyatakan bahwa pergantian nama jalan ini penting karena bertepatan dengan momen perayaan dirgahayu kemerdakaan RI.
“Saya kira kita patut bersyukur bahwa momen ini masih terselimuti kemeriahan hari kemerdekaan negara kita. Ini penting karena Opu Daeng Risadju adalah pahlawan nasional Perempuan dari Luwu Sulawesi Selatan dimana kita tahu semangat perayaan kemerdekaan juga adalah momen kita mengenang perjuangan darah dan nyawa oleh para pejuang kemerderkaan,” ungkap SM

Lebih lanjut ia berharap bahwa dengan adanya nama jalan Opu Daeng Risadju di Kota Makassar adalah catatan Sejarah yang membangkitkan rasa nasionalisme generasi muda.
“Beliau ini pahlawan nasional, pejuang kemerdekaan dengan adanya nama beliau sebagai jalan ini saya pribadi berharap generasi muda di seluruh Sulawesi Selatan tahu atau mungkin mulai mencari tahu akan Sejarah perjuangan beliau sehingga nilai-nilai nasionalisme dan kecintaan generasi muda terhadap bangsa dan negara tetap kuat dan kokoh,” pungkasnya.
Diketahui, Opu Daeng Risadju adalah pejuang wanita asal Luwu Sulawesi Selatan yang menjadi Pahlawan Nasional Indonesia pada tahun 2030. (Tim)