Hari Jadi Jeneponto Ke-161 di Laksanakan di Lapangan Passamaturukan, Diwarnai Semarak Pakaian Adat Turate

oleh -9 membaca
oleh

Jeneponto, Chaneltimur.com – Puncak peringatan hari lahirnya Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan yang ke-161 tahun yang dilaksanakan di lapangan Passamaturukang jantung kota Jeneponto, nampak berlangsung meriah dan khidmat. Rabu 1/5/2024.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sebelum  ke puncak Peringatan hari lahirnya Kabupaten Jeneponto yang ke 161 ini, digiatkan oleh Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten  Jeneponto yang dikomandoi oleh A. Maming Awing selaku Kabid Kebudayaan.

Perayaan peringatan hari jadi Kabupaten Jeneponto, kali ini diwarnai dengan berbagai macam kegiatan yang unik yang diawali dengan Kontes Kuda patta’ba, Jalan sehat dirangkaikan donor darah dan acara makan gantala di Kecamata Kelara serta beberapa kegiatan unik lainnya.

Hal itu dapat tercipta dan terlaksana tak lain, adalah Bapak Pj.  Jeneponto, Junaedi Bakri dengan maksud dan tujuannya, agar pelaksanaan kegiatan hari jadi terlaksana dengan meriah dan penuh keunikan yang tidak pernah digiatkan pada peringatan hari jadi sebenarnya.

Kehadiran Junaedi Bakri selaku Pj. Bupati Jeneponto, bukan hanya mampu memeriahkan pelaksanaan kegiatan hari jadi saja, tetapi juga nampak secara signifikan mampu meningkatkan terlaksananya seluruh program program yang menjadi skala prioritas kebutuhan pokok masyarakat dalam kurung waktu kurang lebih empat bulan masa kerja Beliau di daerah ini.

Sejalan dengan itu, Seirama dalam sambutan PJ. Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri, S.Sos MH dengan mengintruksikan kepada seluruh jajarannya, agar tidak pernah tidur sebelum masyarakatnya belum kenyang dan tertidur duluan.

Dalam acara tersebut, Beliau juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada tim penggerak PKK provinsi yang selama ini berkolaborasi dengan camat, lurah dan Kades sehingga mampu mengurangi gizi buruk dan meningkatkan stunting di Butta Turatea Kabupaten Jeneponto ini.

Selanjutnya Beliau juga tak lupa mengedepankan kesejahteraan para masyarakat petani Jeneopnto dengan menyampaikan kepada Pj. Gubernur Sulsel, Dr . Bahtiar agar air bendungan waduk Kareloe dapat dinikmati oleh seluruh warga masyarakat petani Jeneponto tanpa kecuali.

Selanjutnya dilakukan penyerahan berbagai macam bantuan yang diserahkan langsung oleh Pj. Gubernur Sulsel, antara lain penyerahan KTP elektrik pemilih pemula, penyerahan bantuan beras reguler, bantuan rumah ikan serta bibitnya, bantuan benih bawang merah, bibit timun dan bibit semangka, bantuan 2 unit motor pengangkut sampah melalui bank Sulselbar, bantuan UMKM dan beberapa bantuan lainnya.

Pada peringatan hari jadi tersebut, diwarnai dengan serentak pakaian adat istiadat Butta Turatea Jeneponto yang disaksikan oleh kehadiran Pj. Gubernur Sulsel, DR Bahtiar, M.Si, Pj. Bupati Jeneponto Junaedi Bakri, S.Sos MH, Kapolres Jeneponto, Kajari Jeneponto, sekda Kabupaten Jeneponto, perwakilan pandam VII Wirabuana, forkopimda Kab. Jeneponto, kepala daerah dari beberapa kabupaten lain, Camat, Lurah, kades serta para tamu undangan lainnya.  Ungkapnya”

Mansur Lau