Hanya 5 Bulan Jabat Kapolres Bulukumba, Andi Utta Doakan AKBP Supriyanto Sukses di Tempat Tugas Baru

oleh -8 membaca

Bulukumba, Chaneltimur.com – Pemerintah Kabupaten Bulukumba menggelar ramah tamah lepas sambut Kapolres Bulukumba dari pejabat lama AKBP Supriyanto dan menyambut pejabat baru AKBP Andi Erma Suryono.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Rujab Bupati dihadiri Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, Wakil Bupati Andi Edy Manaf, Ketua DPRD H. Rijal dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sabtu 6 Januari 2024.

AKBP Supriyanto yang bergeser menjadi Kapolres Penajam Paser Utara Polda Kalimantan Timur mengenang dirinya yang beberapa bulan lalu disambut di Pendopo, kini di tempat yang sama harus pamit untuk melaksanakan tugas di tempat yang baru. AKBP Supriyanto menyebutkan jika jabatannya sebagai Kapolres Bulukumba cukup singkat hanya 5 bulan 15 hari.

“Tidak ada yang abadi. Yang abadi hanyalah milik Allah SWT, pangkat dan jabatan adalah amanah. Yang namanya amanah ada masanya, kapan selesai kita harus legowo,” kata AKBP Supriyanto di pengantar sambutannya.

Dikatakan jabatannya memang terasa singkat, secara yuridis formilnya 6 bulan 15 hari, tapi pelaksanaannya 5 bulan 4 hari.

Meski singkat, AKBP Supriyanto merasa bangga menjadi bagian dari warga Bulukumba dan ia berharap silaturahim terus berjalan meski dirinya sudah bertugas di wilayah lain.

“Silaturahim akan memanjangkan umur dan melapangkan rezeki,” pintanya.

Lebih jauh AKBP Supriyanto mengaku bersyukur dapat menjalankan tugas negara dalam menjaga Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Bulukumba.

“Saat perayaan tahun baru kemarin, alhamdulilah kegiatan seperti konvoi dan petasan sangat berkurang sekali. Bahkan laporannya tidak ada kejadian selama perayaan tahun baru,” bebernya.

Kapolres Bulukumba yang baru AKBP Andi Erma Suryono yang sebelumnya menjabat Kapolres Jeneponto menyampaikan terima kasih karena di penyambutannya di Bulukumba dapat bersilaturahmi dengan pemerintah serta tokoh masyarakat Bulukumba.

AKBP Andi Erma Suryono memperkenalkan dirinya dan latar belakang karirnya sampai menjabat Kapolres Bulukumba.

Ia juga menyinggung kata “Andi” yang melekat di namanya. Kata Erma Suryono “Andi”-nya adalah KW (tidak sebagaimana penamaan Andi pada orang Bugis Makassar) karena dirinya berasal dari Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Tugas pertamanya sebagai anggota Polri di Nusa Tenggara Barat, pernah tugas di Sulawesi Tenggara, bertugas di Bareskrim dan pindah tugas menjadi Kapolres Jeneponto Polda Sulawesi Selatan selama 1 tahun setengah.

“Besar harapan bagi saya bisa diterima di sini sebagai warga, dan keluarga Kabupaten Bulukumba. Juga semoga keberadaan saya bisa memberikan kontribusi positif,” ungkapnya.

Ia berharap selama bertugas ada kolaborasi dan koordinasi yang baik dari seluruh stakeholder dalam menciptakan suasana yang kondusif, aman dan nyaman bagi warga Bulukumba maupun warga dari luar atau pendatang karena Bulukumba ini daerah tujuan wisata.

Begitu pula saat ini sudah memasuki tahapan pesta demokrasi yang tinggal 39 hari lagi. Ia berharap pesta demokrasi ini berjalan dengan baik dan damai.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dalam sambutannya menyampaikan AKBP Supriyanto mengikuti jejak Kapolres Sebelumnya AKBP  Ardyansyah sebagai Kapolres cukup singkat menjabat di Bulukumba kurang lebih 5-6 bulan.

Andi Utta sapaan akrab bupati menyampaikan terima kasih atas tugas pengabdian AKBP Supriyanto di Bulukumba. Ia berharap dan mendoakan AKBP Supriyanto sukses di jabatan barunya sebagai Kapolres Penajam Paser Utara yang merupakan wilayah pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepada Kapolres Bulukumba yang baru. Andi Utta menyampaikan selamat datang di Bulukumba yang tentu dinamika masyarakatnya berbeda dengan wilayah Jeneponto.

Harapan Andi Utta, Kapolres Bulukumba yang baru dapat melanjutkan tugas AKBP Supriyanto dalam menjaga situasi Kamtibmas yang lebih kondusif di Kabupaten Bulukumba, utamanya menyambut pesta demokrasi 2024. (Hj.Hasmi)